ASUS Republic of Gamers Meluncurkan Motherboard ROG Crosshair X670E Extreme

ASUS Republic of Gamers (ROG) hari ini mengumumkan ROG Crosshair X670E Extreme, motherboard unggulan untuk platform AM5 yang telah lama ditunggu-tunggu dari AMD.

Menawarkan konektivitas PCIe® 5.0 terbaru, RAM DDR5, dan subsistem pengiriman daya besar yang menjadi dasar solid untuk kebutuhan overclocking. Fitur ASUS Q-Design memudahkan proses perakitan dan berbagai tools tambahan untuk memaksimalkan performa PC. Ke depannya, Asus akan membagikan lebih banyak informasi untuk lini AMD5 Motherboard mulai dari ROG, ROG Strix, TUF Gaming, ProArt, dan Asus Prime.

“Lima” untuk semuanya

Memori generasi terbaru, SSD, dan kartu grafis semuanya memiliki satu kesamaan: nomor lima. RAM DDR5 telah hadir, dan komponen yang memanfaatkan konektivitas PCI Express® 5.0 (PCIe) mulai bermunculan.

Bandwidth besar dari ROG Crosshair X670E Extreme memberikan pengguna keuntungan lebih, serta penggunaan RAM DDR5 generasi baru memberikan kecepatan dan efisiensi daya yang optimal. DDR5 akan menciptakan tingkat performa baru dengan kecepatan data 50% lebih baik dari memori DDR4 sebelumnya. Motherboard ini memiliki sejumlah optimasi perangkat keras dan firmware yang memungkinkan pengguna untuk meng-overclock kit memori hingga batasnya.

Konektivitas PCIe 5.0 telah diluncurkan dalam berbagai pilihan port berkecepatan tinggi, dan ini akan memberi pengguna akses ke SSD dan GPU generasi terbaru yang ada di pasar. Dengan kecepatan tautan dua kali lipat dari PCIe 4.0, standar baru ini memberi pengguna bandwidth untuk menggunakan USB4® dan USB 3.2 Gen 2 pada ROG Crosshair X670E Extreme. Motherboard ini juga menawarkan konektor USB 3.2 Gen 2 2×2 panel depan dengan dukungan Quick Charge 4+ untuk memudahkan para gamer yang menggunakan port USB panel depan untuk mengisi ulang daya perangkat. Dengan memasangkan motherboard ini dengan casing yang dilengkapi port USB Type-C® panel depan, pengguna dapat memiliki akses mudah ke pengisian daya 60 watt. 1

Dua slot PCIe 5.0 x16 sudah disiapkan untuk kartu grafis terbaik. Diantara dua slot onboard dan tiga slot tambahan yang tersedia melalui kartu ROG PCIe 5.0 M.2 dan kartu ROG GEN-Z.2, ROG Crosshair X670E Extreme menawarkan total lima slot M.2, empat di antaranya mendukung mode PCIe 5.0×4. Setiap M.2 dilengkapi dengan heatsink termasuk slot pada kartu tambahan, memastikan pengguna mendapatkan performa maksimal dari SSD tanpa takut throttling. Enam port SATA 6 Gbps memungkinkan pengguna membuat susunan penyimpanan yang lebih besar, sehingga mereka tidak perlu membatasi permainan yang ingin mereka simpan.

Keunggulan game yang dipersonifikasikan

Dengan garis bersudut, aksen LED RGB yang jelas, dan warna hitam yang tegas, motherboard ROG Crosshair X670E Extreme akan menjadi pusat perhatian. Untuk opsi personalisasi yang tak tertandingi, board ini menampilkan layar AniMe Matrix™, serangkaian LED yang dapat memamerkan animasi gaya retro khusus. Pencahayaan underglow yang semarak mengalir dari tepi kanan boardHeader Aura RGB dan dua header Gen 2 yang dapat disesuaikan memungkinkan pengguna menghubungkan strip LED RGB untuk casing mereka—dan dengan mudah menyinkronkan semua device yang kompatible dengan Aura Sync

Elemen visual yang mencolok dari ROG Crosshair X670E Extreme mewakili kinerja yang tak tertandingi. Heatsink besar di atas sirkuit VRM, chipset, dan slot M.2 onboard menawarkan daya pendinginan yang substansial dan keindahan simetris. Grafis multilayer menghiasi permukaan penutup heatsink lebar untuk slot M.2 utama. Dan penutup I/O aluminium terintegrasi membantu mendinginkan sirkuit VRM, menyederhanakan proses pembuatan, dan membuatnya terlihat lebih tegas.

Pendinginan serius, kinerja serius

Solusi daya yang kuat memberi ROG Crosshair X670E Extreme potensi tak terbatas untuk Prosesor AMD Ryzen generasi terbaru. Konektor daya ProCool II menawarkan perlindungan pada colokan PSU,  peningkatan pembuangan panas, dan keandalan yang lebih baik dibandingkan perangkat keras biasa. Choke MicroFine Alloy dan kapasitor premium 10K metalik hitam memberikan pengiriman daya yang lebih lancar ke prosesor, bahkan ketika dibawah beban yang tinggi.

Prosesor saat ini memanfaatkan daya dan headroom termal untuk mendapatkan performa terbaik setiap saat, sehingga sistem pendingin komprehensif diperlukan untuk memastikan pengguna mendapatkan performa PC yang diinginkan.  ROG Crosshair X670E Extreme memberi pengguna serangkaian opsi lengkap untuk menyiapkan solusi pendinginan impian. Enam header kipas memungkinkan pengguna membuat dan mengontrol aliran udara pada PC build mereka. Jika pengguna berencana menggunakan solusi pendingin cairan khusus, mereka dapat menghubungkan dua pompa berdaya tinggi dan juga mengawasi setiap loop dengan koleksi lengkap header dan sensor pemantau aliran cairan.

Fitur Q-Design yang inovatif menyederhanakan proses pembuatan

Merakit PC high-end menjadi lebih mudah. ROG Crosshair X670E Extreme menggunakan inovasi fitur ekslusif ASUS Q-Design termasuk tombol PCIe Q-Release. Kartu Grafis yang baik memiliki solusi pendinginan yang kuat dan pelat belakang yang kokoh. Hal ini tentu saja bagus untuk performa- namun seringkali membuat proses melepas kait PCIe menjadi susah. Tombol PCIe Slot Q-Release memungkinkan pengguna melepaskan kartu grafis mereka dari slot dengan sekali tekan.

Demikian pula, desain slot DIMM tradisional mengharuskan pengguna untuk mengunci di kedua sisi memory stick, dan ini bisa menjadi tantangan bagi pengguna dengan jari yang lebih besar untuk membuka kait yang paling dekat dengan kartu grafis. Itulah sebabnya ASUS telah menerapkan desain pengunci Q-DIMM satu sisi yang baru. Dengan pengaturan ini, pengguna tidak perlu khawatir tentang kait yang posisinya terlalu dekat dengan kartu grafis mereka. Hanya satu kait di sisi slot DIMM yang lebih mudah diakses untuk menahan stik memori dengan kuat di tempatnya. Memasang RAM dengan motherboard ROG Crosshair X670E Extreme jauh lebih mudah berkat fitur desain ini.

ASUS bahkan telah menyederhanakan proses pemasangan baut M.2. M.2 Q-Latch memberi pengguna ketenangan pikiran bahwa mereka tidak akan pernah lagi harus menangani baut M.2 kecil yang mudah hilang. Sekarang, mereka dapat mengamankan atau mengendurkan baut M.2 hanya dengan ujung jari mereka.

Bahkan dengan semua fitur yang memudahkan perakitan PC ini, tantangan masih dapat muncul selama proses pembuatan. ROG Crosshair X670E Extreme memberikan ketenangan kepada pengguna dengan fitur-fitur yang memudahkan untuk mendiagnosis situasi. Rangkaian diagnostik ASUS Q-LED menyediakan referensi yang cepat dan mudah jika sistem mengalami kesalahan kritis selama pengujian mandiri pengaktifan. Empat LED pada motherboard, yang ditandai dengan jelas untuk CPU, RAM, kartu grafis, atau perangkat boot, akan menyala untuk memberi tahu pengguna dengan tepat komponen mana yang mengalami kesalahan.

Jaringan tanpa hambatan

Banyak gamer saat ini tidak mempercayai jaringan nirkabel mereka untuk memimpin mereka menuju kemenangan dengan andal. Pita 5,0 GHz dan 2,4 GHz yang digunakan sebagian besar perangkat untuk terhubung ke internet semakin padat dengan smartphone, laptop, dan perangkat smarthome yang bersaing untuk mendapatkan sinyal, terutama di lokasi seperti kondominium dan apartemen di mana beberapa jaringan rumah mungkin tumpang tindih. Untungnya, ada solusi yang terlihat di wilayah tertentu: WiFi 6E.

Standar baru ini memanfaatkan pita 6 GHz, sebuah spektrum yang baru-baru ini tersedia di negara-negara tertentu. Terhubung ke router WiFi 6E, ROG Crosshair X670E Extreme akan memungkinkan pengguna mengatasi keramaian dan menikmati batas baru koneksi nirkabel.

Opsi jaringan kabel onboard memiliki keunggulannya sendiri. Port Ethernet Intel 2.5 Gbps menyediakan hardline bandwidth tinggi ke router, sementara port Ethernet Marvell AQtion 10 Gb mempersiapkan mesin untuk menangani transfer file multi-terabyte dengan mudah di jaringan cepat.

Catatan untuk Audiophiles

Jika visual mengambil kursi depan dalam hal gaming, audio pun tidak mau kalah. Untuk audio yang imersif dan murni dari sistem speaker dan headset, chip audio dan sirkuit terkait pada ROG Crosshair X670E Extreme telah dirancang dengan cermat untuk pemrosesan dan output suara sejernih kristal.

Dimulai dengan solusi audio SupremeFX 7.1 Surround Sound premium dengan amplifier dan op-amp terintegrasi. Desain sirkuit audio menggunakan kapasitor premium, pelindung interferensi, dan jejak diskrit untuk saluran kiri dan kanan. Deteksi impedansi otomatis memungkinkan pengguna menikmati headphone audiophile impedansi tinggi dan mendapatkan output sejernih kristal dan bebas distorsi. ESS ES9218PQ Quad DAC™ memompa audio terbaik ke output panel depan dengan rasio signal-to-noise 130 dB yang luar biasa, sempurna untuk mencolokkan headset kelas atas.

Lebih banyak opsi motherboard AM5 yang akan tersedia

Dengan subsistem pengiriman daya yang siap untuk overclocking, opsi pendinginan yang luar biasa, gaya agresif, dan konektivitas tiada tara, ROG Crosshair X670E Extreme membawa kinerja gaming ke tingkat yang baru—dan ini hanya yang pertama dari banyak seri lainnya. Dalam beberapa bulan mendatang, ASUS akan membagikan jajaran produk ROG Crosshair kelas atas lain dan juga motherboard dari segmen produk lainnya. Nantikan informasi selanjutnya.

KETERSEDIAAN DAN HARGA

Untuk ketersediaan, harga dan informasi lebih lanjut ASUS ROG Crosshair X670E Extreme dan produk ASUS lainnya silakan hubungi perwakilan ASUS di kota Anda.