ASUS Menjadi Sponsor Dalam Acara Build Your Gaming Empire 2021

PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk. yang fokus di bidang distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK), hari ini kembali menyelenggarakan Build Your Gaming Empire (BYGE) seri ke tiga. Acara tahunan SMI ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran mengenai industri gaming terutama kepada gamers dealer. Oleh karena itu perhelatan BYGE yang dilangsungkan secara virtual ini akan lebih menyasar ke Gaming Channel, Component & Telco Channel, System Channel,  SI Channel, Ecommerce Channel, Gaming & Content Creator Community.

ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi sebagai salah satu sponsor dalam acara ini dan berkesempatan untuk memberikan update terbaru mengenai bisnis dan produk mereka. “ASUS berhasil mencatatkan pertumbuhan yang signifikan pada tahun 2021 baik dari revenue maupun market share. Untuk mempertahankan momentum ini, ASUS akan terus berfokus pada segmen gaming dan juga content creation di tahun 2022 nanti,” ungkap Kris Ardianto, Business Development Manager ASUS Indonesia.

Namun, Kris menambahkan, kesuksesan ASUS tidak terlepas dari kerjasama yang baik dengan rekan-rekan distributor dan partner. “Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PT Synnex Metrodata Indonesia dan juga para partner yang telah mempercayai ASUS sebagai produk andalan Anda,” tambahnya.

Dalam acara BYGE seri ke-tiga ini, ASUS menyampaikan informasi terbaru mengenai beberapa produknya, mulai dari kartu grafis, chassis, AIO cooler, PSU, monitor dan juga Motherboard seri Z690; motherboard dengan prosesor Intel® generasi ke 12 yang baru saja diluncurkan secara global dalam acara Break All Limits pada tanggal 28 Oktober lalu.

Untuk pertama kalinya, gamer dapat menggunakan modul memori DDR5 serta menggunakan fitur PCIe® 5.0 yang ada pada Motherboard terbaru ASUS seri Z690. Motherboard ini menjadi pasangan sempurna untuk performa luar biasa dari CPU Intel® Core™ yang telah didesain ulang dari awal dengan fitur maksimal di 16 core dan 24 thread. Untuk mempersiapkan teknologi baru yang bersejarah ini, motherboard ASUS seri Z690 dilengkapi dengan pengiriman daya mutakhir yang dapat bereaksi dalam hitungan detik terhadap perubahan voltase dan frekuensi dari kinerja prosesor Intel Alder Lake, hal ini dapat menjaga agar prosesor baru yang tangguh ini dapat beroperasi pada daya dan efisiensi maksimum.

Selain itu, motherboard ROG Z690 dipersenjatai dengan fitur eksklusif baru yang disebut ASUS Extended Memory Profiles (AEMP). Pengaturan AEMP di BIOS dapat meningkatkan kecepatan dan timing modul memori DDR5 di luar batas, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan performa keseluruhan dari sistem PC. Fitur ini bekerja dengan membuka kunci manajemen tegangan pada Power Management Integrated Circuit (PMIC), sebuah teknologi yang tidak ada pada RAM DDR generasi sebelumnya. ASUS juga bermitra dengan manufaktur DDR5 besar di seluruh dunia untuk memastikan kompatibilitas tinggi dan kecepatan tingkat atas.

ROG Maximus Z690 Hero

ROG Maximus Z690 Hero adalah sebuah motherboard dengan performa tinggi yang dilengkapi dengan tahapan daya 20+1 dan memiliki peringkat hingga 90 amp. Secara tampilan, ROG Maximus Z690 Hero telah menggunakan pencahayaan Polymo terbaru, yang tidak ada pada generasi sebelumnya. Layar LED pada motherboard ini menghiasi cover I/O dengan susunan cahaya dan warna menarik yang terdiri dari pola RGB, memberikan kesempatan pada perakit PC untuk memamerkan gaya RGB yang tidak akan mereka temukan di motherboard lain.

Seperti seri motherboard ROG Maximus Z690 lainnya, ROG Maximus Z690 Hero dilengkapi WiFi 6E onboard dan 2.5 Gbps Ethernet, tiga slot M.2 onboard dan tambahan 2 slot M.2 melalui kartu ROG Hyper M.2 yang di sertakan. Selain itu, Motherboard ini menggunakan ESS 9018Q2C DAC untuk tingkat kejernihan audio terbaik, Thunderbolt 4, USB Tipe-C, dan tombol PCIe Slot Q-Release.

ROG Strix Z690-F Gaming WiFi

Dengan tahapan daya 16+1 dan opsi penyimpanan PCIe 4.0, ROG Strix Z690-F Gaming WiFi hadir tepat di bawah Z690-E sambil tetap mengemas fitur yang tidak kalah menarik. ROG Strix Z690-F Gaming WIFI memiliki fitur AI Overclocking, AI Cooling dan AI Networking, dan fitur konektivitas termasuk WiFi 6E onboard, Intel 2.5 Gbps Ethernet dan USB 3.2 Gen 2×2 Type-C. Motherboard ini juga menawarkan teknologi audio seperti Savitech SV3H712 DAC dan Two-Way AI Noise Cancellation. Perakit PC juga dapat merasakan teknologi DIY ASUS seperti PCIe Slot Q-Release, M.2 Q-Latch, pelindung cover I/O yang telah dipasang sebelumnya, tombol BIOS FlashBack, dan tombol Clr CMOS serta FlexKey.

ROG Strix Z690-F Gaming WiFi memiliki satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh Z690-E Gaming WiFi: ROG Reusable Cable Organizer. Potongan kain premium yang dijahit rapi ini dapat digunakan untuk merapikan berbagai kabel dan kabel di dalam PC, dan interior Velcro-nya memungkinkan pembuat menggunakannya kembali secara terus-menerus saat mereka meningkatkan PC mereka dari waktu ke waktu.

ROG STRIX RTX 3060 TI OC

Dengan arsitektur berkekuatan tinggi yang efisien dan merupakan generasi kedua dari NVIDIA RTX ™, GeForce® RTX 3060 TI OC menghadirkan kemampuan ray-tracing  yang luar biasa dengan didukung NVIDIA DLSS dan teknologi lainnya. Seperti semua GPU seri RTX 30, RTX 3060 mendukung trifecta yang merupakan inovasi gaming GeForce seperti NVIDIA DLSS, NVIDIA Reflex dan NVIDIA Broadcast yang dapat mempercepat performa serta meningkatkan kualitas gambar. Ditambah dengan adanya realtime ray-tracing yang menghadirkan performa dan fitur tak tertandingi untuk berbagai jenis permainan dan untuk para gamer di mana pun mereka berada.

Kartu grafis ROG Strix GeForce RTX 3060 TI OC menghadirkan desain termal yang kuat yang dapat dioptimalkan untuk arsitektur NVIDIA Ampere yang dinamis. Lapisan dengan aksen logam mencakup tiga kipas yang menampilkan desain kipas berteknologi ASUS Axial yang mutakhir, hub kipas yang lebih ringkas memungkinkan bilah kipas yang lebih panjang, dan cincin penghalang yang tinggi memberikan peningkatan tekanan statis untuk memompa udara melalui bagian samping heatsink menuju penyebar panas GPU. Pemutar balik arah rotasi kipas bagian tengah dapat mengurangi turbulensi dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi aliran udara.

Heatsink berukuran besar yang hampir secara keseluruhan diisi oleh kartu slot 2,7 yang dirancang untuk meningkatkan aliran udara. Untuk memanaskan cetakan dan masuk ke dalam susunan heatsink, teknologi MaxContact telah digunakan untuk melapisi permukaan penyebar panas untuk meningkatkan kelancaran pada tingkat mikroskopis. Selain itu, disertakan juga header FanConnect II yang memungkinkan kipas PWM disetel berdasarkan suhu CPU dan GPU, memberikan asupan atau pembuangan ekstra untuk pekerjaan berat seperti 3D dan komputasi. Para builder yang membutuhkan cara cepat dan sederhana untuk menyesuaikan kecepatan kipas bawaan kartunya dapat mengaktifkan onboard Dual BIOS switch untuk memilih antara profil “performa” dan “mode senyap”, tanpa perangkat lunak tambahan.

TUF GAMING RTX 3060 OC

Kartu grafis TUF Gaming GeForce RTX 3060 OC menghadirkan daya dan pendinginan yang luar biasa kuat. Lapisan logam menampung tiga kipas Axial-tech yang menggunakan bantalan kipas bola ganda yang tahan lama. Rotasi kipas telah dioptimalkan untuk mengurangi turbulensi, dan mode berhenti akan menghentikan ketiga kipas pada suhu rendah. Sejalan dengan pendahulu TUF Gaming, komponen dipilih berdasarkan ketahanan dan performanya. Selain top-shelf choke dan MOSFET, kapasitor dengan sertifikasi tingkat tinggi membuat TUF Gaming unggul di antara para pesaing. Proses manufaktur yang menggunakan Teknologi Auto Ekstrim memastikan komponen ditempatkan dan dipasang dengan presisi tinggi, dan setiap kartu grafis yang diproduksi akan menjalani uji coba validasi selama 144 jam untuk memastikan kinerja yang sempurna saat pengukuran.

Sebagian besar bagian belakang dibalut pelat logam pelindung yang memiliki ventilasi lebar untuk mencegah penumpukan panas. Di bagian bawah GPU, braket memberikan tekanan pemasangan yang konsisten antara cetakan dan penyebar panas, serta braket I/O kartu dibuat dari baja tahan karat untuk melindungi port dan menyediakan dudukan yang lebih aman. Dual BIOS switch yang ditempatkan dengan tepat memungkinkan penyesuaian performa bawaan kartu tanpa memerlukan software tertentu.

ROG STRIX HELIOS

ROG Strix Helios adalah casing gaming mid-tower premium yang dilengkapi dengan tiga panel kaca tempered 4mm, bingkai aluminium yang kuat, dan pencahayaan RGB panel depan. Di lengkapi juga dengan kabel bawaan yang dapat di atur, termasuk penutup multifungsi dengan penyangga GPU, dan interior yang tajam dan rapi. Penutup belakang transparan yang dapat menyembunyikan kabel yang tidak teratur dan memungkinkan penerangan dari Terminal ROG Aura, SSD, atau perangkat lain dengan pencahayaan RGB. Filter yang dapat dilepas di bagian atas, depan, dan bawah memberikan perlindungan menyeluruh dari debu, dan mempersingkat pembersihan dan perawatan. Chassis ini muat untuk motherboard dengan ukuran hingga EATX dan pengaturan liquid cooling, sehingga menjadikan pilihan casing yang sempurna untuk rakitan ROG.

ROG RYUJIN II 360

Seri unggulan pendingin AIO ROG Ryujin II menawarkan kinerja termal terbaik bagi para gamer yang membutuhkan performa yang tinggi. Setiap pendingin dilengkapi dengan pompa Asetek generasi ke-7 dan kipas radiator Noctua Industrial PPC, dengan kipas yang tertanam memberikan pendinginan tambahan ke area soket CPU motherboard, termasuk VRM dan slot pertama M.2. Panel LCD 3,5 inci pada rumah pompa dapat diatur untuk menampilkan data sistem dan grafik yang dapat disesuaikan dari pengaturan sistem, dan Armory Crate yang dapat digunakan untuk mengedit foto dan animasi sebagai tampilan. Seri ini juga dibundel dengan AIO Fan Controller untuk memudahkan pengelolaan kabel kipas dan strip ARGB, serta bonus langganan satu tahun untuk software pemantauan sistem AIDA 64, yang menambahkan opsi interface pengguna ROG khusus untuk layar LCD.

Mulai Oktober 2021, pendingin CPU Seri ROG Ryujin, ROG Strix dan TUF Gaming all-in-one (AIO) semuanya dikirimkan dengan kit pemasangan LGA 1700. Ini dirancang untuk memungkinkan kompatibilitas penuh dengan semua motherboard Z690 untuk prosesor desktop Intel® Core™ Generasi ke-12. Kit untuk pendingin AIO premium ini mencakup satu braket pemasangan, satu pelat belakang, dan empat sekrup.

Daftar lengkap pendingin ASUS AIO yang memenuhi syarat adalah sebagai berikut: ROG Ryujin II 360, ROG Ryujin II 240, ROG Strix LC II 360 ARGB, ROG Strix LC II 280 ARGB, ROG Strix LC II 240 ARGB, dan TUF Gaming LC 240 ARGB. Jajaran pendingin ASUS memberikan garansi enam tahun dan kipas radiator berkinerja tinggi, dan model tertentu juga menyertakan panel LCD dan LED ARGB yang dapat disesuaikan.

Semua motherboard ASUS Z690 juga menyertakan lubang pemasangan LGA 1200 selain LGA 1700. Oleh karena itu, jika pemilik pendingin ASUS AIO saat ini memiliki kit pemasangan LGA 1200 yang disertakan dengan pendinginnya, mereka dapat dengan lancar meningkatkan ke motherboard ASUS Z690 mana pun.

ROG THOR 1200P

Seri PSU ROG Thor Platinum II baru mewarisi beberapa penyempurnaan dari range-topper ROG Thor 1600W Titanium. Dengan kapasitas 1200W, PSU 80 PLUS Platinum yang efisien ini memanfaatkan kipas 135mm baru dengan kontrol PWM dan bantalan bola ganda. Casing luar baru mereka menggabungkan surround cermin baru untuk menampilkan ukuran daya OLED, dan pencahayaan Aura RGB LED yang  memberikan warna yang dapat dikoordinasikan dengan skema pencahayaan perangkat lainnya menggunakan Aura Sync. Penyempurnaan ini meningkatkan rangkaian PSU yang sudah mengesankan bagi builder yang ingin menyesuaikan kapasitas daya dengan rentang yang lebih luas. ASUS memberikan garansi 10 tahun untuk produk PSU.

Model Name ROG-THOR-1200P2-GAMING
Intel® Specification ATX12V
Dimensions 190 x 150 x 86 mm
Efficiency 80 PLUS Platinum
Protection Features OPP/OVP/UVP/SCP/OCP/OTP
AC Input Range 100-240 Vac
DC Output Voltage +3.3 V +5 V +12 V -12 V +5 Vsb
Maximum Load 25 A 25 A 100 A 0.3 A 3 A
Total Output 1200 W

ROG SWIFT PG32UQ

ROG Swift PG32UQ merupakan monitor game profesional IPS 32 inci 4K UHD (3840 x 2160) yang dirancang untuk gaming 144Hz untuk menghadirkan permainan game PC dan konsol yang memukau. Monitor ini memiliki standar HDMI® 2.1 untuk mendukung visual bawaan hingga 4K 120 Hz pada konsol terkini tanpa chroma subsampling (4:4:4) pada PlayStation® 5 dan Xbox Series X, dan teknologi Display Stream Compression (DSC) serta Teknologi Variable Overdrive NVIDIA® G-SYNC® yang kompatibel dan eksklusif menghadirkan permainan game yang lancar dan tanpa layar terbelah (tearing). Rentang warna 98% DCI P3 dan sertifikasi DisplayHDR™ 600 menyempurnakan paket ini, memastikan akurasi warna luar biasa untuk pengalaman bermain yang mendalam dan serasa nyata.

Teknologi ASUS Extreme Low Motion Blur Sync (ELMB Sync) yang bekerja bersamaan dengan teknologi refresh rate variabel untuk menghilangkan ghosting dan tearing guna menghadirkan visual game yang tajam dengan frame rate yang tinggi.

ROG STRIX XG16AHP-W

Nikmati gameplay super mulus di mana saja dengan ROG Strix XG16AHP-W. Monitor FHD portabel 15,6 inci ini memiliki panel IPS 144 Hz dengan teknologi sinkronisasi adaptif untuk memberi Anda gameplay yang mulus dan bebas stutterKickstand lipat kokoh menopang ROG Strix XG16AHP-W dalam orientasi potrait atau landscape dan dapat disesuaikan untuk memberikan sudut pandang yang sempurna.

Baterai berkapasitas tinggi 7800 mAh menyediakan gameplay hingga tiga jam. Teknologi USB Power Delivery 3.0 memberikan ROG Strix XG16AHP-W bermain game hingga 120 menit hanya dengan satu jam waktu pengisian daya, sehingga Anda mendapatkan lebih banyak waktu bermain. USB-C™ dan port micro-HDMI memungkinkan Anda menampilkan konten dari berbagai perangkat, termasuk laptop, tablet, ponsel (dukungan mode DP Alt diperlukan saat menghubungkan ke ponsel), konsol game, dan kamera.

Dengan profil tipis 11,8mm dan bobot hanya 900g, ROG Strix XG16AHP-W dilengkapi dengan ROG Tripod, dudukan portabel yang mudah dipasang yang membuat Anda merasa betah di mana saja.

RT-AX82U

ASUS RT-AX82U menawarkan koneksi gaming WiFi yang lebih cepat dan lancar dengan konektivitas dual band WiFi 6 (802.11ax). Router ini menghadirkan kecepatan WiFi hingga 5400 Mbps, dan dikemas dengan teknologi canggih, termasuk Mode Game Seluler untuk pengalaman bermain game bebas lag dan latensi rendah hanya satu ketukan di aplikasi ASUS Router. Port gaming khusus di RT-AX82U otomatis memprioritaskan perangkat berkabel apa pun yang tersambung dengannya.

RT-AX82U juga dilengkapi dengan Gear Accelerator yang memungkinkan Anda memprioritaskan perangkat secara nirkabel via panel kontrol online RT-AX82U. Antarmuka sederhana memungkinkan Anda memprioritaskan perangkat guna membantunya meningkatkan kecepatan dan mencegahnya berebut bandwidth dengan perangkat lain. Selain itu, teknologi ASUS AiMesh juga sudah tersedia di sini, yaitu teknologi jaringan-mesh unik yang menciptakan jaringan seluruh rumah menggunakan beberapa router ASUS. Dengan kontrol terpusat yang mudah dan penjelajahan yang lancar, bahkan orang biasa pun bisa mengaturnya dengan router apa pun yang mendukung AiMesh sehingga tidak ada lagi zona mati WiFi.

RT-AX82U disertai AiProtection Pro gratis seumur hidup, didukung oleh Trend Micro™, yang meliputi protokol keamanan WPA3 terbaru dan Kontrol Orang tua yang canggih. Dengan AiProtection Pro, setiap perangkat dapat terlindungi dari serangan dan ancaman eksternal dan Anda dapat mengawasi semua yang terjadi di jaringan melalui aplikasi seluler yang praktis. RT-AX82U juga memiliki efek pencahayaan ASUS Aura RGB yang terdiri dari beberapa mode multi-warna dengan ratusan warna.

TUF-AX3000

Router TUF Gaming AX3000 mendukung standar WiFi 6 (802.11ax) terbaru, dengan bandwidth 160 MHz dan teknologi OFDMA serta MU-MIMO terbaru untuk menghadirkan kapasitas dan efisiensi WiFi yang luar biasa. WiFi 6 juga memungkinkan kecepatan jaringan yang jauh lebih cepat hingga 574 Mbps (pita 2,4 GHz) dan 2404 Mbps (pita 5 GHz) — hingga 2,5X lebih cepat daripada router dual-band 802.11ac.

Port LAN game khusus tersedia untuk memberikan prioritas utama perangkat game yang terhubung di jaringan Anda. Cukup sambungkan PC atau konsol game Anda untuk menikmati pengalaman bermain game online yang stabil tanpa lag dan gangguan. Fitur Adaptive QoS (Quality of Service) memudahkan Anda mengatur bandwidth untuk aktivitas Anda dengan mudah dengan, baik saat bermain game atau streaming.

Seperti RT-AX82U, TUF Gaming AX3000 juga mendukung sistem ASUS AiMesh yang merupakan sistem router inovatif, kuat dan fleksibel yang menciptakan jaringan WiFi seluruh rumah menggunakan beberapa router ASUS. AiProtection Pro, yang didukung oleh Trend Micro™, juga tersedia di TUF Gaming AX3000 dan akan melindungi perangkat Anda dari serangan dan ancaman eksternal, termasuk perangkat yang tidak dapat menginstal perangkat lunak anti-virus — seperti konsol game, ponsel cerdas, dan perangkat IoT.

ROG Delta S Animate Gaming Headset

Headset ROG Delta S terbaru pada generasi ini adalah tampilan AniMe Matrix™ yang dapat disesuaikan di bagian luar setiap cup telinga. ROG Delta S Animate menampilkan LED mini yang dapat diprogram untuk memamerkan gaya dengan desain pencahayaan khusus, animasi unik, dan visualisasi audio langsung. Selain itu, efek pencahayaan gelombang suara yang khas bahkan dapat berkedip pada suara seseorang. Dilengkapi ESS 9281 Quad DAC™ dan dukungan MQA, serta driver ASUS Essence 50 mm yang dapat menghadirkan pengalaman sonik yang sempurna, dan ASUS AI Noise-Canceling Microphone menawarkan komunikasi suara dalam game yang sejernih kristal. Headset ini memiliki desain yang nyaman dan ringan dengan bantalan telinga berbentuk D yang cepat dingin dan ergonomis dengan ukuran yang pas. Di lengkapi dengan kabel audio 3,5 mm, ROG Delta S Animate dilengkapi konektor USB-C® dan USB-A untuk kompatibilitas dengan PC, Mac, PlayStation®, Nintendo Switch™, dan perangkat seluler.