ASUS Mengumumkan Seri Tinker Board 2 Terbaru

ASUS hari ini mengumumkan seri Tinker Board 2 terbaru, berbasis Arm®, single-board computers (SBCs) terintegrasi yang mengemas kinerja serius dalam paket yang hampir tidak lebih besar dari kartu kredit — membuatnya menjadi platform ideal untuk kalangan maker, penggemar IoT dan penghobi untuk mewujudkan ide utak-atik mereka.

Kinerja CPU dan GPU terbaik untuk perangkat IoT                                                  

Didukung oleh system on a chip (SoC) Arm 6-core dengan arsitektur 64-bit Armv8 baru —Rockchip RK3399 — Tinker Board 2 dan Tinker Board 2S menawarkan kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan dengan papan SBC populer lainnya.

Seri Tinker Board 2 terbaru juga dilengkapi teknologi Arm big.LITTLE™, yang merupakan arsitektur pemrosesan heterogen yang memasangkan dua prosesor yang sangat berbeda dalam satu SoC.  Software big.LITTLE mengotomatiskan alokasi tugas, memastikan inti CPU yang tepat untuk setiap proses. Hasilnya adalah Tinker Board 2 dan Tinker Board 2S memberikan kinerja 1,5X lebih banyak daripada Tinker Board asli dan secara signifikan lebih cepat daripada banyak SBC yang bersaing.

Untuk tampilan grafis yang serius, seri Tinker Board 2 menyertakan Mali-T860 — sebuah GPU multi core yang merupakan model performa tertinggi yang dibangun diatas arsitektur Arm Midgard. Secara khusus, Mali-T860 dirancang untuk kasus penggunaan grafik yang kompleks dan menawarkan dukungan penuh untuk OpenGL ES 3.0/3.1, OpenVG 1.1, OpenCL dan kerangka kerja lainnya untuk aplikasi grafik 2D/3D generasi mendatang dan yang sudah ada. Dibandingkan dengan Tinker Board asli, GPU Mali-T860 Tinker Board 2 mempercepat kinerja grafis hingga 28%.

Admin kelas profesional dengan ASUS IoT Cloud Console dan pembaruan firmware-over-the-air

Model Tinker Board 2 terbaru dapat di kontrol oleh ASUS IoT Cloud Console (AICC) sebuah platform terpadu untuk mengelola dan menganalisis big data yang dikumpulkan oleh perangkat IoT yang menjalankan sistem operasi berbeda. Produk ini menyediakan sebuah tempat lengkap untuk pemecahan masalah dengan cepat, restart atau pembaharuan jarak jauh, dan dasbor sederhana untuk pemantauan dan analisis.

Peluncuran Firmware-over-the-air (FOTA) juga didukung, memungkinkan sistem terintegrasi yang dikembangkan menggunakan Tinker Board 2 atau 2S untuk diperbaharui dari jarak jauh dengan firmware, sistem operasi dan driver Android terbaru.

Konektivitas yang kaya dan dukungan untuk tampilan ganda hingga resolusi 4K UHD

Dengan HDMI, DisplayPort over USB-C dan DSI yang semuanya terintegrasi, Tinker Board 2 dan Tinker Board 2S menawarkan fleksibilitas tampilan yang luar biasa dan termasuk kemampuan untuk mendukung tampilan ganda hingga resolusi 4K UHD untuk output visual yang menarik. Papan-papan baru ini juga sangat lengkap pada bagian konektivitasnya. Keduanya memiliki port USB 3.2 Gen 1 Type-A dan USB 3.2 Gen 1 Type-C terintegrasi, bersama dengan antena WiFi 5 dan 2×2 dual-band 2.4/5 GHz untuk memberikan kecepatan transfer nirkabel hingga 10X lebih cepat dibandingkan dengan standar WiFi sebelumnya.

Tinker Board 2 dan Tinker Board 2S juga memanfaatkan teknologi Bluetooth 5.0 terbaru yang ada didalamnya, jadi untuk kecepatan transfer hingga 2X lebih cepat dan dengan jangkauan hingga 4X lebih besar. Bluetooth terintegrasi juga membuka kenyamanan dan kebebasan konektivitas nirkabel dengan berbagai perangkat, termasuk speaker, headphone dan pengontrol game. Tinker Board 2S juga menawarkan slot kartu microSD di bagian bawah PCB.

Alat pengaturan dan pemantauan yang mudah untuk pengoperasian yang sempurna

Tinker Board 2 dan Tinker Board 2S menyertakan alat pengaturan fleksibel untuk membantu menyesuaikan setiap aspek sistem, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan kinerja agar sesuai dengan tugas yang ada. Ini termasuk kemampuan untuk mengatur frekuensi maksimum dan minimum untuk CPU dan GPU, dan panel pemantauan untuk mengawasi statistik kunci selama pengoperasian.

Dukungan untuk Android 10

Tinker Board 2 dan Tinker Board 2S dirancang untuk menjalankan Android 10 yang membuka dunia untuk mengutak-atik serangkaian fitur menarik dan memukau yang tidak tersedia di beberapa SBC pesaing.