ASUS Mengumumkan Motherboard Intel Z790 dan B760 Terbaru

ASUS hari ini mengumumkan sejumlah motherboard baru untuk prosesor Intel ®  generasi 12 dan 13. Pada tahun 2022, ASUS meluncurkan platform motherboard Z790 yang mutakhir. Dirancang untuk menangani CPU Intel ® Core™ Generasi ke-13 yang paling kuat, motherboard tersebut melayani kebutuhan para PC enthusiast, overclocker ekstrem, serta gamer dan kreator profesional. Saat ini, ASUS memperluas lini produk motherboardnya dengan mengeluarkan model Z790 terbaru dan B760 yang memiliki fitur chipset berbeda. Motherboard ini membawa chip Intel terbaru kepada pengguna yang lebih luas daripada versi motherboard sebelumnya. Pada versi high-end, ASUS mengungkapkan motherboard ROG Strix dan ASUS Prime Z790 baru. Sementara itu, ASUS juga membantu PC builder enthusiast untuk bergerak melampaui batas dengan berbagai pilihan motherboard B760 dari lini produk ROG Strix, TUF Gaming dan Prime.

Cara baru untuk meredam panas

Bersamaan dengan opsi motherboard baru, ASUS juga meluncurkan fitur BIOS yang memberikan cara mudah untuk mengeluarkan kekuatan CPU Intel Generasi ke-13 yang baru dengan tetap menjaga suhu agar tetap dingin. Pengguna motherboard ASUS generasi sebelumnya mungkin tidak asing dengan fitur ASUS MultiCore Enhancement dan ASUS Performance Enhancement. Opsi BIOS ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan CPU mereka di luar pengaturan default dengan disertai sistem pendingin yang luar biasa. Kini, ASUS menambahkan pilihan baru pada kedua menu tersebut.

Seperti mode yang sudah ada, opsi baru akan menghilangkan limitasi yang menahan mode CPU boosting. Selain itu, opsi tersebut juga akan menerapkan batas suhu CPU menjadi 90°C. Hal tersebut akan memberikan kinerja multicore yang luar biasa kepada pengguna, tetapi dengan termal yang tetap terkendali. Bahkan dengan suhu yang dibatasi, ASUS MultiCore Enhancement dan ASUS Performance Enhancement tetap menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan kinerja CPU. Engineer ASUS menguji dua pengaturan MultiCore Enhancement ini dengan CPU Intel Core i9 -13900K. Mereka juga mengamati bahwa pengaturan baru dapat mengurangi suhu CPU hingga full 10 ° C dengan tetap menawarkan kinerja yang sangat mirip. Mode baru ini hanya mengalami penurunan performa sebesar 2,8% dibandingkan dengan versi sebelumnya, tetapi tetap menawarkan manfaat pendinginan yang signifikan.

Opsi ASUS MultiCore Enhancement baru ini akan tersedia untuk motherboard ASUS Z790 yang mendukung overclocking, sementara opsi ASUS Performance Enhancement serupa akan diluncurkan pada motherboard ASUS B760. Pengguna yang sudah memiliki motherboard tersebut akan dapat mengakses fitur baru melalui pembaruan BIOS.

Motherboard Z790 diperkuat untuk melakukan “pertempuran”

Bagi para enthusiast yang sedang berburu motherboard yang tangguh dan siap untuk overclocking, motherboard ASUS Z790 telah tersedia. Motherboard kelas atas ini membantu pengguna membangun perangkat terbaik untuk CPU seri K yang dapat di-overclock. Sebagai pilihan utama dalam lini produk motherboard Intel ASUS, motherboard ini dibekali dengan berbagai kemewahan untuk para PC builder. Mulai dari merakit PC game yang tangguh, PC untuk kreator konten bertenaga tinggi, atau PC serba guna yang siap untuk beban kerja apa pun, motherboard ASUS Z790 siap menjadi solusinya.

Motherboard B760 menghadirkan tenaga Intel generasi 13 yang kuat untuk para PC builder di mana pun.

Motherboard ASUS seri B berbicara tentang nilai. Sebagai lini ASUS 700-series yang paling terjangkau, motherboard ini disediakan untuk berbagai macam pengguna, seperti PC builder hemat, orang-orang yang berniat untuk membeli CPU non-overclockable, pengguna dengan kebutuhan kinerja yang lebih sederhana, atau siapa pun yang hanya ingin merakit PC yang handal dan tahan lama tanpa harus merogoh kocek yang banyak.

Meskipun motherboard ASUS B760 tidak semewah motherboard lain pada lini produk ROG Maximus Z790 yang canggih, tetapi motherboard ini kaya akan fitur, sehingga dapat disebut platform kinerja tinggi dengan keistimewaannya tersendiri. Selain itu, lini produk ASUS B760 terus mengejutkan pengguna dengan fitur yang dulu hanya tersedia pada model flagship. Para pengguna yang sedang mencari motherboard untuk gaming dari lini ROG Strix atau TUF Gaming, model ProArt yang berfokus pada kreator, atau motherboard ASUS Prime, akan tetap menemukan nilai yang luar biasa di lini produk B760.

Berikut adalah “pahlawan” yang telah teruji dalam pertempuran dan dibuat untuk menjadi andaaln dalam rakitan PC: ROG STRIX B760-F Gaming WiFi. Dengan aksen ROG di heatsink, shield I/O yang sudah dipasang sebelumnya, dan heatsink M.2 dengan cakupan penuh, motherboard gaming ini siap untuk beraksi. Solusi daya yang kuat, power delivery subsystem yang mengesankan, dan pendinginan yang komprehensif menjadikannya model berkinerja tertinggi dalam jajaran ASUS B760. Dukungan DDR5 mengeluarkan kemampuan CPU Intel Generasi ke-13 terbaru dengan bandwidth memori yang melimpah, sedangkan slot PCIe 5.0 x16 membuka jalan bagi pengguna untuk menikmati daya yang kuat dari kartu grafis mutakhir.

Rakitan PC menggunakan ROG Strix B760-F Gaming WiFi sangat mudah. Dengan tombol PCIe Slot Q-Release, pengguna dapat mengeluarkan kartu grafis mereka dengan cepat tanpa harus menjepit jari mereka dengan susah payah. Sistem Q-Latch ASUS M.2 memastikan bahwa pengguna tidak akan pernah kehilangan baut M.2 kecil ke dalam casing mereka. Selain itu, jika terjadi kesalahan dalam proses perakitan, tampilan diagnostik Q-LED dapat memudahkan dalam troubleshooting.

Bagi para gamer yang terbiasa memaksimalkan kinerja sampai pada batasnya, motherboard ROG Strix A-series memiliki kekuatan kelas atas dalam desain yang menawan dan melebihi ekspektasi. Permukaan putih dan perak yang cemerlang melapisi motherboard ROG Strix B760-A Gaming WiFi D4. Kombinasikan motherboard ini dengan komponen ASUS White Edition untuk membuat tampilan PC yang estetik.

Didukung oleh power delivery subsystems yang kuat, motherboard ini dapat dipasangkan dengan CPU Intel kelas atas. Motherboard ini menawarkan trio slot M.2 untuk SSD PCIe 4.0 dan membantu pengguna mendapat frames-per-second yang tinggi dengan slot PCIe 5.0 x16 untuk kartu grafis generasi terbaru.

Motherboard TUF Gaming telah mendapatkan reputasi di antara para gamer karena memberikan kinerja yang solid dan operasi yang handal dengan harga yang luar biasa. ASUS membawa reputasi tersebut ke depan dengan menghadirkan tiga model baru yang siap membuat PC gaming PC menjadi terjangkau bagi khalayak luas.

Bagi mereka yang lebih menyukai hardware berukuran penuh, ASUS menawarkan TUF Gaming B760-Plus WiFi D4. Motherboard ATX ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk PC gaming yang hebat. Dengan slot PCIe 5.0 x16, WiFi 6, dan pilihan port USB yang lengkap, motherboard ini sangat cocok untuk dipakai “bertempur”. Pengguna yang lebih memilih opsi microATX dapat mencoba motherboard TUF Gaming B760M-Plus WiFi D4. Kedua opsi ini mendukung Ram DDR4 yang ramah di kantong sehingga pengguna dapat dengan mudah mendapatkan dan menjalankan PC game generasi terbaru.

ASUS juga akan menawarkan motherboard ATX dan microATX B760 dalam seri Prime untuk perakit serba guna. Gambar dan rincian lebih lanjut tentang spesifikasi untuk seluruh jajaran motherboard ASUS Z790 dan B760 dapat ditemukan di Edge Up Buyer’s Guide dan  landing page seri 700.

Ketersediaan & Harga

Untuk ketersediaan, harga dan informasi lebih lanjut mengenai motherboard ASUS Z790 dan B760 terbaru, silakan hubungi perwakilan ASUS setempat.