Akhirnya Steam Dan Kawan-Kawan Kena Blokir!

Kemkominfo telah menepati janjinya untuk memblokir beberapa layanan internet yang belum mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Pada hari Sabtu tanggal 30 Juni 2022 beberapa platfrom gaming seperti Steam, Epic Games Store dan Origin tidak bisa diakses dari Indonesia. Bahkan layanan transaksi online Paypal juga terkena dampaknya.

Pemblokiran layanan tersebut sontak membuat heboh netizen Indonesia. Media sosial dipenuhi oleh curhatan netizen yang menyayangkan keputusan Kemkominfo untuk memblokir Steam dan kawan-kawan. Saat ini di Twitter muncul #BlokirKominfo yang merupakan bentuk protes netizen Indonesia terhadap kebijakan tersebut.

Pada hari sebelumnya Kominfo memang sudah sempat memberikan peringatan kepada beberapa layanan digital yang belum mendaftarkan diri sebagai PSE. Jika permintaan Kominfo tidak dipenuhi maka akses layanan akan diblokir mulai dari tanggal 30 Juni 2022. Layanan yang dimaksud oleh Kominfo adalah Steam, Epic Games Store, Origin, Paypal, Yahoo Search Engine, Bing Search Egine, Dota, CSGO, dan Battle.Net.

Bagaimana menurut kamu? Apakah tindakan blokir Kominfo ini sudah tepat?