HomeNgerandom8 Game Terlama Dari Segi Proses Produksinya

8 Game Terlama Dari Segi Proses Produksinya

5. Team Fortress 2: 9 Tahun

Siapa sangka game flagship milik Valve, Team Fortress 2 masuk dalam daftar game terlama pengembangannya. Dibutuhkan waktu 9 tahun bagi game ini yang awal konsepnya adalah mod untuk Quake menjadi game betulan.

Ketika pertama kali diumumkan pada tahun 1999, Team Fortress 2 menggunakan konsep realita dimana pemain menjadi seorang Komandan yang bisa memerintahkan pasukannya yang adalah AI. Konsep tersebut dirombak ketika game ini muncul dalam event EA Summer Showcase di 2006. Konsep realita tersebut dihilangkan dan diganti menjadi konsep yang lebih kartun.

6. The Last Guardian: Juga 9 Tahun

Game flagship untuk konsol PS4, The Last Guardian ternyata memakan waktu pengembangan sampai dengan 9 tahun. Game ini dibuat oleh creator dari Shadow of the Colossus, Fumito Ueda. Ia sudah mulai mengerjakan The Last Guardian pada tahun 2007 dan baru rampung di 2016.

Salah satu alasan kenapa The Last Guardian ngaret adalah platform yang dituju. Awalnya Sony menargetkan The Last Guardian untuk PS3, namun berubah menjadi PS4. Selain itu Ueda dan timnya sempat berpisah dengan Sony ketika The Last Guardian dalam pengerjaan. Ia membentuk studio sendiri bernama GenDesign namun tetap terlibat sebagi Creative Director. Meski mengalami banyak hadangan, The Last Guardian tetap selesai dan berhasi menuai sukses.

7. Pengembangan Game Terlama Nomor Tujuh: Spore

Gamer PC pasti masih ingat dengan game Spore, dimana pemain bisa mengutak-atik proses evolusi suatu mahluk hidup. Spore adalah game yang digagas oleh Will Wright, developer dari seri game The Sim. Pengembangan Spore dimulai pada tahun 2000 yang waktu itu dinamai SimEverything. Game ini baru rampung pada tahun 2008 dengan nama resmi Spore.

Dalam jangka waktu pengembangan selama delapan tahun, Spore mengalami banyak perombakan. Pada awalnya Spore menampilkan visual yang realistis tentang bagaimana proses evolusi dari hewan bersel satu menjadi seekor mamalia. Namun desain tersebut dirubah menjadi lebih kartun.

Developer juga menghilangkan beberapa fitur dalam game yang awalnya diperlihatkan pada demo. Salah satunya adalah kemampuan mahluk di game Spore untuk terbang di demo dirubah hanya dapat melayang dalam game.

8. Bongkar Pasang Resident Evil 4

Ternyata proses pengembangan game Resident Evil 4 tidak hanya lama, tapi juga sering berubah-ubah. Selama 6 tahun pengembangan game ini sering mengalami perubahan arah dari cerita maupun gameplay. Game ini bahkan secara tidak sengaja melahirkan salah satu game terbaik Capcom, Devil May Cry.

Capcom pun sempat membuat tiga skenario yang berbeda untuk Resident Evil 4. Skenario pertama adalah Leon yang memiliki kekuatan superhuman akibat terinfeksi virus. Skenario kedua adalah Leon bertarung dengan mahluk paranormal. Salah satunya adalah monster yang menggunakan senjata hook. Skenario ketiga adalah Leon menyusup ke dalam istana dimana ia melawan BOW berbentuk anjing.

Itulah 8 game terlama pengembangannya. Meski lama tapi hasilnya sepadan sebetulnya tidak jadi masalah. Daripada dibuat terburu-buru dan malah gagal total. Betul tidak?

Aryo
Aryo
Editor Playcubic. Gamer dengan cita-cita punya PC kelas dewa. Disamping PCnya ada PS5 dan Xbox Series X
RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terpopuler