8 Game Terlama Dari Segi Proses Produksinya

Menurut kamu berapa waktu pengembangan game terlama? Satu atau dua tahun? Itu salah! Pengembangan game terlama bisa memakan waktu sampai puluhan tahun.

Lalu apa alasannya sampai waktu pengembangan menjadi sangat lama? Ada banyak hal seperti konsep dan ide yang berubah-ubah. Masalah teknis yang tidak ada selesainya. Bahkan bisa juga karena dari faktor manusianya sendiri seperti ditinggal developer inti atau kurang klopnya tim.

Berikut adalah delapan game yang proses pengembangannya sangat lama:

1. Star Citizen, Kapan Rampungnya?

Berbicara mengenai game terlama dari sisi pengembangannya, game Star Citizen wajib masuk dalam daftar. Proyek ambisius Cloud Imperium Games ini memulai masa produksi pada tahun 2010. Jika dihitung sampai sekarang yaitu pada tahun 2021, pengembangan game ini sudah mencapai 11 tahun. Itupun masih belum rampung. Padahal Star Citizen awalnya ditargetkan rilis pada tahun 2014, duh.

Dari segi keuangan, Star Citizen juga berhasil menorehkan rekor fantastis. Penggalangan dana Star Citizen melalui kickstarter berhasil mengumpulkan uang sampai dengan ratusan juta Dolar. Belum lagi game ini juga menggunakan selebriti terkenal dunia sebagai pemeran dalam game seperti Mark Hamill dan Gary Oldman.

Angkasa luar tidak memiliki Batasan. Star Citizen sebagai game yang mengangkat tema tersebut juga tidak memiliki batasan dari segi kreasiā€¦dan sepertinya waktu pengembangan juga.

2. Pengembangan Game Terlama Nomor Dua: Duke Nukem Forever

Duke Nukem Forever adalah contoh rumitnya pengembangan sebuah game. Duke Nukem Forever sebetulnya sudah dipersiapkan sejak tahun 1996, tepat setelah game Duke Nukem 3D. Namun malah ngaret sampai dengan tahun 2011.

Masalah yang pertama adalah mengenai engine. Duke Nukem Forever sempat berganti-ganti engine dari Quake II Engine menjadi Unreal Engine. Pengembangan Duke Nukem Forever yang lama juga membuat hubungan antara developer 3D Realms dengan publisher Take-Two Interactive menjadi terganggu. Dampaknya adalah pengurangan staf yang menyebabkan proses produksi menjadi semakin terhambat.

Untungnya menjelang detik-detik akhir, Duke Nukem Forever terselamatkan berkat campur tangan Gearbox Software dan 2K Games.

3. Diablo 3: 11 Tahun Pembuatan

Game flagship milik Blizzard, Diablo 3 ternyata juga memakan waktu pengembangan yang sangat lama. Game ini dibuat selama 11 tahun sehingga layak masuk dalam daftar game terlama pengembangannya.

Dilansir dari Polygon, pengembangan Diablo 3 menjadi lama akibat kurang pedenya developer. Mereka khawatir game tersebut tidak dapat meneruskan kesuksesan dari Diablo 2. Rupanya staf pengembangan Diablo 3 terbelah selama proses produksi. Ada kelompok yang ingin mengedepankan cerita dan kelompok yang mengedepankan gameplay. Dari segi desain juga kerap terjadi pertentangan antar tim.

Sayangnya saat rilis Diablo 3 justru mengalami masalah dari segi teknis dan mekanik dalam game. Ini sebabnya Diablo 3 masuk juga dalam daftar Playcubic tentang game yang gagal saat awal rilis.

4. Final Fantasy XV yang Dibuat Selama Satu Dekade, Betulkah?

Kebanyakan gamer mengetahui bahwa pengembangan game Final Fantasy XV memakan waktu 10 tahun. Dari tahun 2006 sampai dengan 2016. Namun faktanya tidak seperti itu. Rupanya Final Fantasy XV hanya dibuat dalam jangka waktu tiga tahun. Sisanya yaitu tujuh tahun adalah angka untuk pengembangan game Final Fantasy Versus XIII yang akhirnya gagal tayang.

Dilansir dari IGN, Hajime Tabata menjelaskan bahwa ia dan timnya terpaksa meninggalkan Final Fantasy Versus XIII dan beralih mengerjakan Final Fantasy XV. Padahal seperempat bagian dari game tersebut sudah rampung dikerjakan. Otomatis pengerjaan Final Fantasy XV tidak memakan waktu terlalu lama. Karena Tabata dan timnya mengintegrasikan beberapa bagian Final Fantasy Versus XIII ke dalam Final Fantasy XV.