8 Emulator Konsol yang Bisa Kamu Mainkan di Smartphone

Siapa sangka dulu game yang hanya bisa dimainkan di konsol, kini bisa dimainkan lewat emulator di smartphone. Lewat bantuan emulator kita bisa kembali memainkan game-game lawas yang dulu hanya bisa dimainkan lewat konsol tertentu.

Sebabnya ada beberapa game yang tidak mendapatkan versi remaster atau remake di konsol sekarang. Lalu bagaimana jika kita kangen untuk memainkannya lagi? Biasanya solusinya adalah dengan menggunakan emulator.

Selain untuk bernostalgia, emulator juga ditujukan untuk kamu yang belum pernah mencoba sama sekali konsol game jadul seperti PlayStation 1 atau Game Boy. Untuk mendapatkannya sangat mudah karena bisa langsung diunduh aplikasinya secara gratis di PlayStore.

Berikut adalah emulator untuk konsol  yang bisa kamu coba di smartphone:

1. PPSSPP

Emulator ini ditujukan untuk memainkan game PlayStation Portable (PSP) di smartphone. PPSSPP adalah pilihan emulator terbaik yang tidak perlu diragukan. Emulator ini dapat menjalankan beragam judul game PSP dengan lancar dan mampu mentransfer data save dari PSP ke smartphone. Emulator ini bisa di download secara gratis di PlayStore.

Hal yang perlu diingat adalah kamu juga harus mendownload game PSP dengan format ISO atau CSO untuk memainkannya dengan emulator PPSSPP.

2. Dolphin Emulator

Dolphin dikenal sebagai emulator tangguh yang memungkinkan penggunanya untuk memainkan game Nintendo Gamecube dan Nintendo Wii di perangkat android. Emulator ini masih dalam tahap pengembangan. Artinya masih akan ada bug jika memainkan game tertentu. ROM untuk kedua konsol juga dapat dengan mudah ditemukan dan didownload dari internet.

3. DraStic DS Emulator

DraStic DS adalah emulator pilihan jika ingin memainkan game Nintendo DS dengan kecepatan penuh di banyak perangkat Android. Sayangnya emulator ini tidak gratis. Harga dari emulator ini PlayStore adalah sekitar kita harus membelinya di Playstore Rp67 ribu.

Walau berbayar, DraStic DS memiliki banyak fitur unggulan. Misalnya meningkatkan kualitas grafis 3D hingga setidaknya dua kali resolusi aslinya, memakai kode cheat, dapat menyimpan data, mempercepat gameplay, mengatur penempatan layar, dan lain-lain.

4. FPse

FPse adalah emulator untuk memainkan PlayStation 1. Aplikasi ini dibanderol dengan harga Rp47 ribu di PlayStore. Berbeda dengan emulator sejenisnya, FPse lebih berfokus pada fitur customization yang mendalam. Ada banyak sekali pengaturan dan plug-in yang dapat membuat kualitas grafis game menjadi terlihat lebih baik. Berhubung ada banyak sekali game legendaris di konsol PS1, yakin kamu tidak mau mencobanya di smartphone?