Buat kalian yang hobi banget main game, ternyata hal itu gak sepenuhnya buang-buang waktu kok. Bahkan, skill dan ketekunan kalian dalam bermain game bisa menjadi pekerjaan yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang atlet eSport. Buat kalian yang belum tahu, atlet eSport adalah salah satu cabang olahraga dengan memanfaatkan teknologi seperti gadget dan PC.

Salah satu game yang saat ini sedang ramai dan populer di ajang atlet eSport ialah Arena of Valor dan Mobile Legends. Buat kalian yang masih memandang atlet eSport dengan sebelah mata sepertinya perlu mempertimbangkan lagi deh pemikiran tersebut ternyata menjadi atlet eSport itu gak gampang.

Siapa bilang untuk menjadi atlet eSport cuma perlu sering-sering main game saja? Nyatanya, gak cuma hobi main game, untuk menjadi seorang atlet eSport membutuhkan kondisi fisik fit dan otak yang cerdas. Tapi hal tersebut gak menjadi halangan bagi kalian yang memang berdedikasi ingin menjadi atlet eSport.

Dukungan Positif eSport di Indonesia

Beruntung bagi kalian yang tinggal di Indonesia, karena saat ini atlet eSport sudah mendapatkan dukungan yang positif dari pemerintah. Buktinya, sudah ada kok Asosiasi eSport Indonesia yang siap menampung para generasi muda bertalenta di dunia gaming saat ini.

Jadi buat kalian yang memang suka main game bisa langsung mengasah skill kalian ke tingkat yang lebih lanjut. Tapi, apa saja kira-kira yang menjadi hal penduung agar kalian bisa diterima menjadi atlet eSport? Bingung? Kalau begitu, daripada kalian bingung lebih baik simak ulasan lengkap mengenai tips jitu menjadi atlet eSport berikut ini.

  1. Pilih dan Fokus pada Game yang Ingin Kalian Tekuni

Langkah pertama dan yang paling gampang untuk dilakukan adalah dengan memilih dulu jenis game yang ingin kalian tekuni. Apakah kalian suka dengan game FPS, MOBA, Sports, Fighting atau genre lainnya. Jangan asal pilih lho, karena hal ini bisa menjadi titik penentu cikal bakal karir kalian di dunia eSport dimulai.

Disarankan agar memilih game yang benar-benar kalian sukai dan menguasainya dengan baik. Kalian bisa coba dengan game gratis alias free-to-play untuk langkah awal.

2. Latihan

Sudah memilih game yang kalian suka? Kalau begitu sekarang saatnya untuk latihan. Karena kalian ingin menjadi seorang atlet eSport, maka jenis latihan yang kalian lakukan pun berbeda. Kalian harus mendalami game tersebut dan tahu seluk-beluk terdalam mengenainya. Kalian bisa gunakan media seperti Youtube sebagai sumber referensi latihan atau menonton siaran streaming atlit eSport lainnya.

3. Berpikir Secara Profesional

Karena ingin menjadi seorang atlet, maka cara berpikir kalian juga harus diubah. Gak cuma asal main tapi kalian juga perlu bersungguh-sungguh dan bijak dalam bertindak. Bayangkan bagaimana intensnya saat kalian bermain didalam turnamen internasional.

4. Olahraga dan Jaga Pola Makan

Siapa bilang kalian cuma perlu main game seharian penuh? Untuk menjadi atlet eSpot kalian juga perlu yang namanya berolahraga dan selalu menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Kenapa hal itu sangat penting? Karena tubuh dan otak kalian perlu asupan gizi dan olahraga agar bisa berpikir kritis dan memiliki respon tinggi ketika bermain game.

5. Bergabung ke Komunitas

Gak ada salahnya lho untuk gabung ke komunitas-komunitas. Ternyata ketika kalian bergabung dengan komunitas game kalian akan mengetahui lebih banyak mengenai tips dan strategi tentang game kalian itu. Ditambah lagi kalian juga menjadi up-to-date akan informasi seperti informasi tentang turnamen dan yang paling penting adalah bertemu dengan banyak teman baru.

6. Bentuk Tim

Kalau kalian sudah melakukan hal-hal diatas, maka kalian juga sudah bisa membangun sebuah tim yang nantinya bisa menjadi tema seperjuangan kalian. Tipsnya adalah kalian mengumpulkan orang-orang yang bisa menguasai beberapa trik dan role khusus di game namun juag bisa ikut berkoordinasi dan bekerja sama dengan kalian. Jadi ketika bertanding kalian bisa menciptakan keharmonisan dalam mengalahkan lawan.

7. Ikut Turnamen Lokal

Coba-coba ikut turnamen lokal bisa jadi langkah awal dalam menambah pengalaman yang nantinya berguna dalam menjalin karir kalian sebagai atlit eSport. Jangan pesimis dan terus berusaha. Karena jika kalian sudah bisa menaklukan banyak kejuaran lokal itu tandanya kalian siap untuk menjadi atlet eSport di kancah internasional.