6 Konsol Game Buatan China yang Murni Hasil Jiplakan

0
431

Kita sebagai orang Indonesia seharusnya bersyukur karena dapat memainkan konsol game favoritnya sejak dulu. Gamer negara China tidak seberuntung kita.

Negara Tirai Bambu sempat melarang konsol game seperti Playstation dan Xbox dijual di negaranya. Aturan ini sendiri sudah dihilangkan dan sekarang gamer China sudah bisa menikmati konsol game seperti semua orang. Namun selama aturan tersebut berjalan, ternyata China sudah membuat konsol game sendiri. Uniknya konsol-konsol ini dibuat mirip dengan konsol game populer alias jiplak.

Berikut adalah konsol game buatan China yang secara terang-terangan menjiplak konsol game populer:

1. Ouye, Gabungan Antara PS4 dan Xbox One

Apa jadinya jika konsol PS4 dan Xbox One melakukan fusion? Hasilnya adalah Ouye. Konsol game asal Shenzhen ini dibuat dengan desain PS4, tapi untuk controller-nya memakai desain Xbox One. Jangan terpukau dulu. Karena meski menggabungkan PS4 dengan Xbox One, sistem Ouye ternyata hanya berbasis android.

2. Siapa yang Enggak Kenal Polystation?

Orang Indonesia pasti sudah kenal dengan yang namanya Polystation. Konsol game asal China ini tetap setiap menjiplak hampir semua generasi konsol Playstation. Pembuat Polystation dengan lihainya membuat konsol ini semirip mungkin dengan Playstation. Mulai dari PSOne, PS2, sampai PS3 semuanya memiliki versi Polystation.

Dari sistem Polystation bisa dibilang lebih kreatif dibandingkan konsol game aslinya. Polystation 2 memiliki controller berbentuk pistol layaknya NES. Sedangkan Polytstation 3 tidak memerlukan listrik dan punya built-in monitor.

3. WiWi, Musuhnya Nintendo Wii

Konsep dari Nintendo Wii yang menggunakan sensor gerak untuk bermain game juga dilirik oleh para penjiplak. Hasilnya adalah konsol game WiWi. Dari nama, bentuk, bahkan cara memainkan konsol ini dibuat semirip mungkin dengan Nintendo Wii. Tapi tetap saja konsol KW ini tidak bisa menyaingi yang aslinya.