6 Karakter Muslim Ikonik dalam Video Game

Apakah ada karakter muslim dalam video game? Developer game sering memasukkan elemen-elemen penunjang dalam game mereka. Tujuannya adalah agar game menjadi semakin kompleks dan menarik untuk dimainkan. Salah satu caranya adalah dengan mengangkat tema dari budaya tertentu hingga latar belakang karakter yang dekat dengan agama.

Jadi menjawab pertanyaan apakah ada karakter muslim dalam video game? Jawabannya jelas ada. Berikut adalah daftar dari 6 karakter game yang ternyata beragama islam. Siapa Saja?

1. Zara Ghufran (Battlefield 1)

Dalam game Battlefield 1, terdapat karakter wanita protagonis dan secara gamblang ditampilkan sebagai muslimah. Ia Zara Ghufran. Zara adalah pejuang dari suku Badui atau Badawi yang ada di Jazirah Arab dan ikut berperang saat pemberontakan Arab melawan kekaisaran Ottoman.

Selain itu Zara juga digambarkan sebagai karakter wanita yang ahli dalam pedang dan berkuda. Bekerja di bawah arahan Lawrence of Arabia, Zara memiliki peranan penting dalam penghancuran kereta lapis baja dan melemahkan arus serangan Ottoman di Arab Saudi.

2. Shaheen (Tekken 7)

Shaheen adalah salah satu petarung dalam franchise game fighting ikonik Tekken 7. Shaheen berasal dari Arab Saudi. Ciri khas dari Shaheen adalah menggunakan keffiyeh atau hiasan kepala tradisional Arab.

Meski secara penampilan Shaheen tidak terlalu mengintimidasi, jangan remehkan kemampuannya. Ia bekerja sebagai dengan organisasi keamanan. Shaheen juga dulunya adalah seorang tentara dengan spesialisasi pertempuran satu lawan satu.

Dari segi gameplay, Shaheen memiliki kombinasi serangan yang akrobatik. Dimulai dari kombinasi tendangan lalu dikombinasikan dengan salto dan sliding.

3. Rashid (Street Fighter V)

Tak mau kalah dari Tekken, game fighting besutan Capcom yaitu Street Fighter juga menghadirkan sosok karakter muslim. Ia adalah Rashid. Sama seperti Shaheen, Rashid juga berasal dari Timur Tengah. Perbedaan keduanya adalah Rashid adalah seorang technology geek. Buktinya ia selalu menggunakan lensa mata moderen di mata kirinya.

Gaya bertarung Rashid cukup unik karena menggabungkan kemampuan parkour dengan pengendalian angin. Kemampuan ini diperlihatkan dengan tendangan akrobatiknya yang bisa mengeluarkan angin tornado.