6 Game Digimon yang Paling Berkesan

Gamer Indonesia pasti kenal dengan yang namanya game Digimon. Tahukah kamu jika belum lama ini ada game baru Digimon yang telah rilis berjudul Digimon Survive. Game ini menggunakan gaya tactical turn-based RPG dan berbeda dengan game Digimon yang lain.

Sebelum Digimon Survive rilis, sudah banyak game Digimon yang dibuat. Beberapa dari gamenya bisa dibilang meninggalkan kesan yang mendalam bagi gamer. Sekedar flashback sebelum gamenya populer, Digimon atau Digital Monster dibawa pertama kali di Indonesia lewat tayangan anime berjudul Digimon Adventure. Kepopuleran anime tersebut lalu membawa masuk mainan Digivice ke Indonesia. Tidak lama setelah mainan Digivice menjadi populer, giliran game Digimon yang masuk ke pasar Indonesia.

Jenis game Digimon yang sudah dibuat sampai saat ini sangat bervariasi. Setiap game selalu menghadirkan Digimon jenis baru. Tema yang diangkat juga menjadi semakin kompleks meski intinya sama saja yaitu menjadi seorang anak terpilih yang menyelamatkan dunia nyata maupun dunia digital.

Pada artikel ini tim Playcubic telah merangkum 6 game Digimon yang paling berkesan. Apakah pilihan tim Playcubic sesuai dengan seleramu? Simak daftarnya berikut ini:

1. Digimon World

Bagi gamer generasi 90an game Digimon di PS1 ini jelas yang paling berkesan dan membekas di hati. Dari segi grafis Digimon World sudah terggolong canggih karena game ini sudah mengusung tampilan 3D. Belum lagi dunia digital dalam game sangatlah luas. Pemain bisa bebas mengeksplorasi dari wilayah hutan sampai pabrik yang penuh dengan mesin.

Kewajiban pemain untuk merawat rekan Digimon seperti memberinya makan, berlatih, bertarung, dan buang air besar juga merupakan highlight dari game ini. Mekanisme game yang dibawa masih tergolong baru pada waktu itu dan sukses menarik perhatian gamer. Belum proses evolusi rekan Digimon yang bermacam-macam juga menambah keseruan game ini.

2. Digimon World 3

Dirilis menjelang masa akhir PS1, game Digimon World 3 bisa dibilang merupakan game terbaik Digital World secara keseluruhan. Mekanisme gamenya mengadaptasi semua fitur yang ada di Digimon World 1 dan 2. Game ini juga mengadopsi sistem dalam game Pokemon dimana pemain diharuskan mengalahkan pemimpin di tiap kota untuk terus melanjutkan cerita.

Dalam game Digimon World 3 pemain dapat langsung membawa tiga Digimon. Saat bertarung ketiga Digimon akan saling bergantian menyerang dengan yang sistem turn-based. Digimon World 3 juga memiliki banyak side quest tersembunyi dan mini game seru yaitu permainan kartu.

3. Digimon World Dawn/Dusk

Game Digimon satu ini mengikuti tradisi game Pokemon yang dirilis dalam dua versi. Hal yang membedakan keduanya hanyalah Digimon eksklusif yang hadir di masing-masing game. Dawn memiliki Digimon Coronamon dan Dusk memiliki Digimon Lunamon.

Sebagai sekuel dari Digimon DS, game ini sendiri rilis untuk Nintendo DS pada tahun 2007. Baik versi Dawn dan Dusk mendapat peningkatan dari game terdahulunya yaitu dari segi grafis, evolusi Digimon yang bervariasi, dan cerita yang lebih menarik.