Seperti yang sudah kamu ketahui, PC memiliki banyak bagian dan komponen. Karena hal itulah tidak jarang pemilik PC setidaknya mengetahui bagian-bagian dari setiap komponen PCnya. Bahkan ada yang memang sudah expert dan bisa merakit PCnya sendiri.

Jadi apabila terjadi kerusakan pada PC, sang pemilik bisa segera mengetahuinya dan memperbaikinya. Tapi jika dihitung-hitung, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti satu komponen PC tidaklah murah. Minimal kamu harus mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah. Belum lagi jika ganti satu komponen, biasanya komponen yang lain juga harus diganti karena tidak sesuai. Jika begini kamu bakal rugi bandar.

Karena biaya mengganti komponen-komponen PC mahal, lebih baik kamu sekalian membeli PC bekas. Salah satu cara yang paling mudah adalah belanja via online. Saat ini sudah banyak website-website yang menawarkan layanan tersebut. Berikut adalah beberapa website yang bisa dijadikan acuan:

1. OLX

Di website ini kamu bisa menemukan berbagai macam komponen PC bekas dengan harga yang terjangkau. Komponen PC yang dijual juga bervariasi. Kamu bisa membandingkan harga dan mencari komponen mana yang kira-kira kamu butuhkan. Karena OLX juga merupakan website jual beli, kamu juga bisa mendaftarkan diri sebagai penjual.

2. Facebook

Sebagai media sosial, Facebook memiliki berbagai macam fungsi. Salah satu fungsi ini adalah berjualan. Kamu juga bisa mencari komponen PC melalui Facebook. Selain itu kamu juga bisa bertukar ilmu dengan pemilik PC yang lain. Caranya adalah bergabung ke grup yang menjadi tempat jual beli komponen PC, baik yang baru maupun bekas. Kadang ada juga orang yang menjual langsung PC lengkap.

3. Kaskus

Forum jual beli legendaris ini sudah bukan hal baru bagi kebanyakan orang. Di Kaskus kamu bisa membuat topik khusus untuk membeli komponen PC yang kamu inginkan. Pasti akan ada orang yang mampir untuk menawarkan atau memberikan rekomendasi. Selain berbelanja, kamu juga bisa ngobrol-ngobrol untuk tahu lebih banyak seputar PC.

4. BukaLapak

Sama seperti OLX, BukaLapak. Sama seperti OLX dan toko online pada umumnya, BukaLapak menyediakan lapak khusus untuk mengadakan jual beli komponen PC sampai jasa merakit PC. Tentu harga yang ditawarkan beragam. Metode pembayaran yang ditawarkan juga beragam, dari COD, transfer, dan masih banyak lagi.

5. Tokopedia

Toko online terakhir yang bisa kamu coba adalah Tokopedia. Kamu bisa langsung membeli semua komponen PC di Tokopedia dengan cara pembayarn dicicil. Tidak hanya PC saja, kamu juga bisa membeli hardware pelengkap PC yang lain seperti monitor, speaker, keyboard, mouse, laptop dan lain-lain.

Saran terakhir buat kamu adalah tetap waspada. Beli via online rawan penipuan. Pastikan dulu kamu membeli barang tersebut di penjual yang sudah terverifikasi. Jangan sampai hanya karena ingin beli murah, kamu malah kehilangan uang karena kena tipu.