5 Gamer ini Di-Banned Karena Alasan yang Tidak Masuk Akal

Pernahkah kamu di-banned di game kesukaan kamu karena alasan yang tak masuk akal? Misalnya karena me-report player lain yang menggunakan cheat, eh tapi kamu malah ikut ke ban juga. Kesalkan jadinya.

Hal seperti kerap terjadi di dalam video game, apalagi yang memiliki mode multiplayer. Karena tidak ingin kalah, gamer bisa gelap mata dan akhirnya menggunakan cheat demi kemenangan. GM pun akhirnya bertindak dengan menjatuhkan palu ban ke gamer tersebut. Masalahnya apakah gamer yang di-banned memang betul memakai cheat?

1. Drama GothamChess VS Dewa Kipas

Drama antara GothamChess VS Dewa Kipas di game mobile Chess.com adalah drama yang paling panas saat ini. Dewa Kipas yang aslinya adalah orang Indonesia di-banned akunnya di Chess.com karena berhasil mengalahkan streamer GothamChess. Kebetulan pertandingan mereka ditayangkan secara livestream dan disaksikan oleh para fans GothamChess. Karena tidak terima idolanya kalah, fans GothamChess melaporkan Dewa Kipas menggunakan cheat yang berujung akunnya di-banned.

Tidak terima dengan keputusan tersebut, putra dari Dewa Kipas akhirnya mengangkat masalah ini dan akhirnya viral di media sosial. Ia tidak terima jika ayah dituduh menggunakan cheat untuk mengalahkan GothamChess.

Ujungnya drama ini berakhir dengan happy ending. Pihak GothamChess dan Dewa Kipas sudah saling mengubungi dan keduanya sudah mengklarifikasi masalahnya.

2. Di-Banned Karena Pakai Nama Jihad

Gamer asal Arab Saudi bernama Jihad Al Mofadda mengalami hal yang tidak mengenakkan saat menggunakan layanan PlayStation Network. Akunnya mendadak diblokir akibat penggunaan nama iJihad. Padahal itu adalah namanya sendiri dan ia sudah menggunakannya sejak lama.

Sony beralasan bahwa keputusan ini dibuat karena laporan bahwa ada pihak yang terganggu dengan nama tersebut. Kenapa enggak diverifikasi dulu sebelum bertindak Sony hadeeeh.

3. Pemain Battlefield 1 Di-Banned Karena Terlalu Jago?

Pernahkah kamu di-banned dari game favoritmu hanya karena terlalu jago? Kelihatannya hal ini tidak mungkin terjadi, tapi nyatanya memang terjadi. Gamer kL-Spazmo dan rekannya mendadak di-banned saat bermain Battlefield 1. Padahal mereka sama sekali tidak menggunakan cheat alias bermain murni dan memang jago.

Setelah diselidiki, ternyata penyebabnya adalah sistem anti cheat FairFight yang digunakan di Battlefield 1. Alogaritma sistem ini sepertinya tidak bisa membedakan mana gamer yang menggunakan cheat dengan gamer yang betul-betul jago.