Game online sangat marak digandrungi oleh anak muda di Indonesia. Pada awal munculnya game online, tak jarang banyak anak muda yang rela datang dan bermain di warnet hingga berjam-jam. Keseruan game online seakan tak ada habisnya. Mulai dari game online yang hanya bisa dimainkan di PC hingga munculnya game online yang bisa kamu mainkan pada HP.

Meski saat ini perkembangan game online sudah berfokus pada platform mobile, namun masih ada game online jadul yang masih eksis dan masih banyak dimainkan oleh banyak orang. Kira-kira game apa saja yang masih eksis hingga saat ini? Penasaran? Langsung saja baca 5 deretan game online tertua berikut ini.

  1. Seri game Ragnarok

Tergolong sebagai game online tertua, Ragnarok Online hadir pada pertengahan tahun 2012. Sejak dirilis, Ragnarok Online atau yang akrab dipanggil RO ini, telah dimainkan oleh jutaan pemain di Indonesia.  Yang membuat RO sangat digemari ialah gameplay nya yang tergolong grinding dan membutuhkan waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan untuk mencapai target yang diinginkan.

Belum lagi fitur chat yang memungkinkan pemain untuk mengobrol dan berjualan barang-barang di dalam game. Banyaknya class juga menjadi alasan banyak pemain RO tidak cepat bosan dan bisa mencoba berbagai pengalaman bermain yang seru dan berbeda-beda. Oh iya, selain masih hadir di PC, Ragnarok Online kini juga bisa kamu mainkan di smartphone, dan jumlah pemainnya juga banyak.

2. World of Warcraft

World of Warcraft merupakan game online MMORPG yang sudah eksis lebih dari 10 tahun dan sudah mengalami banyak perkembangan mulai dari segi grafik hingga gameplay. Game besutan Blizzard Entertainment ini memiliki dua fraksi dengan banyak race seperti Human, Dwarf, Gnome, Night Elf dan banyak race lainnya yang pastinya asyik untuk dimainkan.

3. Point Blank

Sebagai game FPS (First Person Shooter) yang paling populer di Indonesia, Point Blank banyak digandrungi karena menawarkan gameplay yang seru antara kelompok teroris melawan sekelompok pasukan anti-teroris. Meski tak memiliki grafis yang bisa dibilang tinggi, namun Point Blank punya fitur yang bikin ketagihan salah satunya adalah dengan tingkat pangkat yang diimplementasikan pada game ini.

Tak sedikit pemain yang mengincar pangkat tertinggi dengan cara bermain untuk mengumpulkan EXP dan berusaha untuk memenangkan banyak permainan sebanyak mungkin. Saat ini Point Blank dipegang oleh Gemschool dan masih tergolong dalam game yang gratis untuk dimainkan.

4. RF Online

Berbeda dengan game MMORPG kebanyakan yang mengadaptasi dunia fantasi, RF Online menggabungkan unsur fantasi dengan teknologi yang anti-mainstream. Di dunia RF Online, terdapat 3 ras yang masing-masing punya keunikannya masing-masing. Kamu juga bsia memilih 3 kelas berbeda dengan banyak pilihan skill yang bermacam-macam.

5. Atlantica

Setelah sempat di tutup beberapa tahun yang lalu, Atlantica akhirnya dirilis kembali pada bulan Maret 2018. Pemain Atlantica juga dikejutkan dengan event Comeback untuk para pemain dari tahun 2010 sampai 2016. Hadiah yang diberikan juga termasuk smartphone terkenal Samsung Galaxy S8. Jadi saat ini kamu sudah bisa kembali memainkan game legendaris ini.