4 Cabang Olahraga yang Bertransformasi Menjadi eSport Saat Epidemi Corona

0
26

Epidemi corona membuat berbagai macam aktivitas lumpuh. Olahraga merupakan salah satunya. Banyak turnamen olahraga tradisinonal yang terpaksa dibatalkan karena epidemi corona. Sebagai gantinya, turnamen olahraga ini bertransformasi ke ranah digital dan menjelma menjadi eSport.

Ketika olahraga di dunia nyata berhenti, sebaliknya olahraga di dunia virtual justru meningkat. Setidaknya ada 4 cabang olahraga yang sudah bertransformasi menjadi eSport.

Sepak Bola

Dari dunia sepak bola, sudah ada dua kompetisi yang memutuskan untuk menggelar turnamen eSport. Dua kompetisi ini adalah MLS dan Premier League. Turnamen ini diikuti langsung oleh para atlet sepak bola yang mewakili timnya.

ePremier League Invitational akan mempertemukan para pemain terkenal liga Inggris dalam game FIFA 20. Nama seperti Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Raheem Sterling (Manchester City), Wilfried Zaha (Crystal Palace), John McGinn (Aston Villa), Lys Mousset (Sheffield United) and Diogo Jota (Wolverhampton Wanderers) akan berpartispasi dalam turnamen ini. Nantinya uang yang didapat dari turnamen tersebut akan didonasikan.

Bola Basket

Tidak ketinggalan dari saudaranya, bola basket juga bertransformasi menjadi eSport saat epidemi corona. Kompetisi NBA bersama dengan 2K menggelar turnamen NBA 2K Players Tournament. Turnamen yang dipertandingkan lewat konsol Xbox One ini diikuti oleh para atlet NBA seperti Kevin Durant dari Brooklyn Nets dan Derrick Jones Jr. dari Miami heat.

Formula One (F1)

Karena wabah corona, Grand Prix F1 terpaksa gagal mengaspal tahun ini. Sebagai gantinya digelarlah turnamen eSport bertajuk Virtual Grand Prix Series. Salah satu pembalap yang mengikuti turnamen ini adalah pembalap McLaren, Lando Norris. Turnamen ini sudah berjalan sejak bulan Maret kemarin dan kemungkinan berlangsung sampai bulan Mei.

NASCAR

Masih dari balap mobil, kompetisi NASCAR yang merupakan acara favorit di Amerika Serikat juga bertransformasi menjadi eSport saat wabah corona. Bertajuk eNASCAR iRacing Pro Invitational Series, turnamen ini ditayangkan di saluran televisi Fox Sports. Hasilnya, turnamen tersebut sukses karena ditonton oleh ratusan ribu orang.

Momen ini memang bisa dibilang kesempatan emas bagi eSport. Pada saat stadion dan sirkuit tutup, satu-satunya tempat yang masih buka adalah dunia virtual tempat eSport diadakan.

Bisakah eSport akhirnya menjadi mainstream seperti cabang olahraga yang lain?Bagaimana menurut kamu?