Keberadaan in-game shop dalam game (Terutama game online) adalah hal yang lumrah saat ini. Toko ini menjual berbagai macam item, mulai dari booster, equipment, dan lain-lain. Untuk membeli barang-barang tersebut, kamu bisa menggunakan mata uang dalam game dan uang asli.

Tipe gamer yang sering menggunakan uang asli untuk membeli barang dalam game biasanya dikenal dengan istilah “Whale“. Gamer tipe ini tidak akan segan untuk mengeluarkan banyak uang agar karakternya dalam game bisa lebih baik dari karakter pemain lainnya.

Keberadaan whale ini secara tidak langsung mengancam gamer yang pas-pasan. Apalagi jika gamenya memang dirancang sebagai game P2W (Pay to Win). Jelas ini lebih menguntungkan para whale.

Tapi tidak perlu khawatir. Bukan berarti di game P2W, gamer pas-pasan tidak bisa berkutik. Buktinya masih banyak gamer yang senang memainkan game-game Pay to Win. Agar kamu lebih yakin, saya akan jabarkan alasannya:

1. Karena Sudah Nyaman dengan Gamenya

Kenyamanan adalah alasan kenapa gamer masih doyan memainkan game P2W. Awalnya hanya coba-coba, lalu tanpa disadari sudah main berminggu-minggu. Ini buktinya jika gamer itu sudah nyaman dengan game yang dimainkan.

Coba saya tanya, kamu pasti tidak mau meninggalkan karakter yang sudah kamu buat begitu saja. Apalagi jika kamu sudah banyak mengorbankan waktu dan jerih payah untuk mengembangkan karakter tersebut, tidak peduli game itu adalah game P2W.

Hal lain yang juga berpengaruh adalah gameplay dan komunitas dari game tersebut. Jika semuanya terpenuhi, buat apa kamu mencari game lain?

2. Pembuktian Diri

Berada diantara whale sebetulnya bisa menjadi motivasi kamu agar. Tanamkan dalam diri kamu jika suatu saat (Entah kapan), kamu bisa mengalahkan mereka. Meski kelihatannya tidak masuk akal, kamu bisa menang jika memang berdedikasi dan berusaha sekuat mungkin.

Bayangkan, karaktermu yang dibuat hanya dengan modal pas-pasan bisa mengalahkan karakter bling-bling. Rasakan sensasinya!

3. Capek Melawan Arus? Ikuti Arusnya

Ketika kamu sudah merasa lelah dan tidak mampu lagi, tidak ada salahnya untuk berhenti melawan dan mengikuti arus. Menjadi whale bukan berarti kamu harus memberikan segala uang yang dimiliki. Jadilah whale yang bijak dan hanya membeli item yang diperlukan saja.

4. Ingin Terlihat Seperti Sultan

Ada juga gamer yang sengaja memainkan game P2W agar terlihat keren di depan teman-temannya. Bayangkan teman-teman kamu semua memainkan game modal jempol gratisan, sedangkan kamu sendiri yang main game P2W. Secara tidak langsung kamu akan terlihat seperti sultan oleh teman kamu.

Intinya adalah tidak ada untuk memainkan game jenis P2W. Tidak ada salahnya juga menjadi gamer whale, tapi dengan catatan kamu harus bijak dalam mengeluarkan uang. Ingat, tujuan bermain game itu adalah untuk having fun, bukannya malah menjadi tempat bersaing. Jika ingin bersaing menjadi yang terbaik, lakukanlah di dunia nyata.