3 Game Abadi yang Selalu Ada di Setiap Generasi

Jika ada mitos tentang kehidupan yang abadi, maka ada juga game abadi. Kenapa sampai bisa dijuluki game abadi? Karena game ini selalu ada di setiap generasi konsol atau handheld.

Entah apa yang membuat developer dan publisher sampai tega memporting game-game ini ke setiap platform dan konsol yang ada. Bisa jadi karena mereka tahu betapa cintanya fans dengan game tersebut. Bisa juga karena mereka menyadari potensi bisnis dari game tersebut.

Grand Theft Auto V

Grand Theft Auto V atau GTA V adalah kandidat pertama yang layak diberi gelar game abadi. Bayangkan GTA V sudah ada sejak tahun 2013 dan masih eksis sampai saat sekarang. Popularitas game ini luar biasa bahkan Rockstar sampai membuat GTA Online, mode multiplayer dari GTA V. Konten yang digulirkan untuk GTA Online melalui update-update baru juga tidak pernah putus.

Kembali lagi tentang game abadi, kira-kira sudah berapa banyak platform yang bisa memainkan game GTA V? Mari kita hitung. GTA V pertama kali rilis pada tahun 2013 di PS3 dan Xbox 360. Seiring dirilisnya konsol PS4 dan Xbox One pada 2014, Rockstar juga merilis GTA V di kedua konsol tersebut. Setelah itu versi PC menyusul pada tahun 2015. Rockstar juga berencana untuk merilis versi next-gen GTA V. Untuk saat ini yang baru dipastikan oleh Rockstar adalah GTA V versi PS5. Belum ada keterangan lebih detail mengenai versi Xbox Series X/S.

Jika dihitung total, jumlah konsol yang bisa memainkan GTA V adalah 6 platform. Tidak hanya itu, game ini tetap setia menemani gamer PlayStation dan Xbox dari era PS3/Xbox 360 sampai era next-gen.

The Elder Scrolls V: Skyrim

Kandidat kedua yang layak diberi penghargaan game abadi adalah The Elder Scrolls V: Skyrim. Game Besutan Bethesda ini bisa dibilang sudah seperti aki-aki yang masih rajin bekerja. Jika dibandingkan dengan GTA V, Skyrim lebih tua karena rilis beberapa tahun sebelum GTA V.

Mari kita hitung The Elder Scrolls V: Skyrim dirilis pertama kali pada tahun 2011 di PC, PS3, dan Xbox 360. Pada 2016 Bethesda memutuskan untuk merilis enhanced edition untuk Skyrim di PS4 dan Xbox One. Tidak berhenti sampai situ, Bethesda juga memutuskan untuk merilis Skyrim di Nintendo Switch pada 2017.

Jadi jumlah total platform yang pernah disinggahi oleh Skyrim adalah 6. Jumlah ini sama dengan GTA V. Tapi seandainya Bethesda sampai merilis Skyrim di konsol next-gen, lewat sudah GTA V. Fus Ro Dah!