10 Mata Uang Video Game Legendaris

Layaknya di dunia nyata, mata uang di video game juga penting. Tanpa mata uang, gamer tidak akan bisa membeli item dan equipment di NPC. Dalam beberapa game, mata uang bahkan ikut diperjualbelikan dengan hitungan kurs. Sudah kayak mau beli mata uang asing saja pakai kurs.

Berikut adalah beberapa mata uang video game legendaris. Buat kamu yang ngaku gamer sejati pasti kenal dengan mata uang ini.

1. Gold dan Coin

Inilah dua jenis mata uang video game yang paling pasaran. Mungkin hampir semua game menggunakan mata uang ini. Selain penyebutannya mudah, gold dan coin memiliki makna universal yang sudah dikenal semua orang sebagai alat tukar.

2. Zeny

Inilah mata uang video game yang pastinya dikenal oleh gamer Indonesia. Zeny adalah mata uang dari game Ragnarok Online. Ketika game MMORPG ini berada di puncak keemasan, Zeny sudah menjadi sesuatu yang umum. Mulai dari sebagai alat untuk pansos, jual beli, bahkan untuk istilah.

Dulu ada istilah “miskin di real, kaya di RO”. Artinya gamer ini terlihat biasa aslinya. Tapi ketika ia memainkan karakternya di RO, ia jadi sultan karena memiliki Zenny dengan jumlah yang luar biasa banyak.

Tahukah kamu ternyata bukan cuma Ragnarok Online saja yang menggunakan mata uang Zeny. Nama ini juga digunakan oleh Capcom dalam beberapa judul gamenya seperti Megaman dan Monster Hunter. Biasanya Capcom menyingkatnya dengan istilah Z.

3. Gil

Fans Final Fantasy pasti sudah mengenal nama yang satu ini. Gil adalah nama mata uang yang dipakai di semua game Final Fantasy. Bahkan bisa dibilang nama ini sama ikoniknya dengan maskot Chocobo.

Bukan cuma sebagai mata uang, Gil juga dijadikan skill dalam game Final Fantasy. Skill ini diberi nama yang bermacam-macam, dari Gil Toss, Throw-Gil, Spare Change. Intinya sama, yaitu melempar musuh dengan Gil sebanyak-banyak untuk damage yang besar. Kalau saya jadi musuhnya bakal saya ambil Gil yang dilempar lalu kabur.

4. Caps

Caps adalah mata uang dari game Fallout. Konsep Caps atau tutup botol yang dijadikan sebagai mata uang bersinergi dengan tema apocalyptic game Fallout. Ketika peradaban dunia hancur, manusia harus bertahan hidup dengan menggunakan apa yang tersisa. Salah satunya adalah tutup botol yang akhirnya dijadikan sebagai mata uang.

Makanya mulai dari sekarang setiap buka botol tutupnya disimpan. Siapa tahu nantinya akan berguna.

5. Rings

Rings adalah nama mata uang yang digunakan dalam game Sonic. Selain digunakan untuk “membeli” extra life, Rings juga merupakan nyawa dari Sonic. Jika Sonic diserang oleh musuh saat tidak memiliki Rings, maka game over.