10 Game Eksklusif PS4 yang Perlu Diporting ke PC

Keputusan Sony untuk merilis game eksklusif PS4 God of War di PC telah menciptakan sebuah harapan bagi gamer. Harapannya adalah untuk kedepannya Sony bisa lebih banyak merilis ulang game eksklusif PlayStation di PC.

Sony sendiri kelihatannya sudah mantap untuk mengadopsi konsep bisnis porting game. Buktinya Sony sudah menciptakan unit baru bernama PlayStation PC. Unit ini diduga akan menjadi publisher game eksklusif PlayStation yang diporting ke PC. Days Gone, Horizon Zero Dawn, dan God of War versi PC sudah dinaungi oleh PlayStation PC.

Melihat geliat Sony, gamer PC pun mulai membuat daftar wishlist game PlayStation yang diharapkan muncul di PC. Daftar ini dipajang di forum online atau media sosial dengan harapan Sony melihatnya dan bisa mewujudkannya. Tim Playcubic juga sudah membuat daftar berisi 10 game eksklusif PS4 yang wajib diporting ke PC.

Berikut adalah daftarnya:

1. Ghost of Tsushima

Game besutan developer Sucker Punch Productions ini adalah game eksklusif PS4 yang paling diharapkan untuk diporting ke PC. Rumor mengenai dibuatnya versi PC Ghosts of Tsushima sudah sering beredar. Namun belum ada konfirmasi resmi dari pihak PlayStation.

Dirilis pertama kali pada 2020 di PS4, Ghost of Tsushima berhasil menjadi game hits. Bukan hanya sukses dari segi penjualan, game ini pun berhasil menyabet berbagai macam penghargaan. Sony bahkan telah merilis versi Enhanced Edition untuk PS5. Melihat kualitasnya wajar jika gamer PC sangat mendambakan Ghost of Tsushima.

2. Final Fantasy VII Remake

Game buatan Square Enix ini juga sudah dinanti-nanti kehadirannya di PC. Jika melihat kebelakang, game Final Fantasy memang selalu diporting ke PC setelah rilis di konsol. Namun biasanya ada rentang waktu tertentu sampai game tersebut dibuatkan versi PCnya karena ada hak eksklusivitas. Contohnya Final Fantasy XV perlu waktu dua tahun sampai akhirnya rilis di PC.

Rumor mengenai Final Fantasy VII Remake versi PC sudah sering dibicarakan. Bahkan beberapa orang bahkan bisa sampai menemukan bukti bahwa versi PC Final Fantasy VII Remake memang ada. Meski sudah ditemukan bukti-buktinya Sony dan Square Enix tetap tidak mau memberikan konfirmasi.

Final Fantasy VII Remake dirilis pada tahun 2020 eksklusif di PS4. Game ini merombak ulang game RPG legendaris Final Fantasy VII dengan format dan teknologi terkini. Pada 2021 Square Enix merilis Final Fantasy VII Remake Intergrade yang ditujukan untuk PS5. DLC berupa karakter baru Yuffie juga dirilis bersamaan.

3. Persona V

Persona V adalah game RPG eksklusif PS4 yang sudah ditunggu versi portingnya di PC. Game ini rilis pada tahun 2016. Jika dihitung sampai sekarang artinya sudah 5 tahun gamer menanti kehadiran game ini di PC. Untuk mengobati kerinduan ini Atlus sempat bekerjasama dengan Omega Force dengan menghadirkan Persona 5 Strikers yang rilis di PC. Namun tetap saja game tersebut tidak bisa mengobati keinginan gamer PC akan Persona 5.

Persona 5 menceritakan kisah petualangan sekelompok anak SMA yang bisa memanifestasikan kekuatan bernama Persona. Karakter utama game ini diberi nama Joker. Kesuksesan Persona 5 mendorong Atlus untuk membuat banyak spin-off dari game ini. Salah satunya adalah Persona 5 Strikers. Versi Enhanced Edition yang berisi perbaikan grafis dan karakter baru juga dibuat dan rilis pada tahun 2020.

4. Bloodborne

Gamer PC kelihatannya tidak puas jika hanya menikmati Dark Souls. Bloodborne yang eksklusif rilis di PS4 pada tahun 2015 juga diharapkan suatu saat bisa rilis di PC. Sebetulnya game ini bisa dimainkan di PC melalui layanan streaming PlayStation Now. Tapi bukan versi ini yang dicari oleh gamer melainkan 100 persen game PC.

Bloodborne dan DarkSouls sama-sama dibuat oleh FromSoftware. Gameplay keduanya pun mirip yaitu gameplay action yang dipadu dengan tingkat kesulitan super tinggi. Lengah sekali tamat riwayat karaktermu. Perbedaan kedua game ini juga terletak dari segi gameplay. Bloodborne menyajikan permainan yang lebih agresif dibandingkan DarkSouls.

5. Ratchet & Clank

Crash Bandicoot saja sudah keluar di PC. Lalu bagaimana dengan Ratchet & Clank? Akankah game buatan Insomniac ini akhirnya hadir di PC?

Jika dirunut kebelakang, Ratchet & Clank bisa dibilang setia rilis di konsol PlayStation. Game Ratchet & Clank pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima semuanya rilis di PS2. Pada tahun 2016 Insomniac membuat versi reboot game pertama Ratchet & Clank yang dirilis secara eksklusif di PS4. Lalu pada 2021 diluncurkan sequelnya Ratchet & Clank: Rift Apart di PS5.

Ratchet & Clank menceritakan petualang duo Ratchet dan Clank. Game ini dikemas dengan genre third-person shooter. Selama permainan pemain akan menggerakkan Ratcher. Clank hanya berfungsi sebagai karakter sampingan yang membantu Rachet.