Bak anak tiri, banyak orang yang melupakan manfaat dari bermain video game. Hal yang biasa mereka ingat justru sisi negatifnya saja. “Video game bisa membuat kecanduan,” atau “Video game bisa memicu terjadinya kekerasan,” itulah hal-hal yang biasanya dipikirkan orang saat membicarakan video game. Padahal tanpa disadari, video game juga memiliki manfaat yang berguna.

Sebagai seorang gamer, saya sering sedih jika mendengar orang hanya membicarakan keburukan video game saja. Padahal ada juga manfaat positifnya juga. Agar orang-orang skeptis ini bisa mendapat pencerahan, saya akan menjabarkan sedikit mengenai manfaat dari bermain video game.

1. Untuk Hiburan Dan Menghilangkan Stress

Inilah sebenarnya merupakan manfaat utama dari video game. Saat kamu sedang dalam keadaan tertekan, cobalah gunakan beberapa waktu kamu untuk memainkan video game. Tujuannya adalah untuk melepas stress yang menghantui pikiranmu.

Game yang bisa dimainkan adalah game casual. Jenis game ini cenderung lebih santai dan tidak banyak menuntut pemainnya. Jangan malah memilih game sulit atau yang kompetitif. Justru yang ada malah kamu menimbun beban pikiran.

2. Melatih Refleks

Bermain game kompetitif seperti game MOBA atau FPS bisa membantu pemainnya untuk melatih refleks. Pada dua game tersebut kecepatan jari-jari tangan memang menjadi yang utama. Lambat sedikit, karaktermu akan dibantai oleh musuh. Bagi atlit eSport, refleks ini terus dilatih. Semakin cepat mereka bisa bereaksi, semakin bagus pula performanya.

3. Mempertajam Konsentrasi Dan Pikiran

Selain melatih refleks jari-jari tangan, bermain video game juga bisa melatih konsentrasi pikiran. Tangan boleh cepat, tapi jika pikiran tidak sinkron maka hasilnya akan sia-sia. Game kompetitif bisa menjadi tempat untuk melatih konsentrasi.

Selain game kompetitif, game strategi dan game RPG (Kebanyakan RPG klasik) juga bisa digunakan untuk mempertajam pemikiran. Kedua jenis game tersebut biasanya menuntut pemainnya untuk berpikir sebelum membuat keputusan. Pola berpikir seperti ini juga akan berguna bagimu saat melakukan sesuatu di dunia nyata.

4. Memperluas Pergaulan

Jujur saja, salah satu cara saya untuk mendapat teman baru adalah dengan bermain game online. Tidak hanya teman dari negara yang sama, kamu juga bisa mendapatkan teman beda negara. Untungnya game jaman now biasanya sudah dilengkapi oleh fitur online, entah itu mode multiplayer atau mode yang lain. Meski begitu, tetap tidak ada yang bisa mengalahkan game online dalam urusan pertemanan. Bukan hanya teman, siapa tahu kamu juga bisa dapat pacar berkat game online.

5. Untuk Kesehatan

Kebanyakan game memang dimainkan dengan posisi diam atau duduk. Tapi ada beberapa game yang membuat pemainnya bergerak. Game jenis ini sering dibuat oleh Nintendo.

Misalnya game Mario Power Tennis untuk Nintendo Wii. Game ini menggunakan kontroler spesial yaitu nunchuk yang bentuknya mirip dengan gagang raket. Jadi saat memainkan game ini pemain menjadi terpancing untuk berdiri dan beraksi layaknya seorang petenis di lapangan. Akhirnya tidak hanya tangan, tapi semua anggota badan pun jadi ikut bergerak.

6. Mencari Uang

Bagi gamer zaman now, game juga bisa dijadikan mata pencarian. YouTubers spesialis game adalah contoh bagaimana orang menggunakan video game untuk mencari uang. Hanya dengan membuat video kreatif dan kocak, YouTubers bisa mendapatkan uang banyak dari bermain game saja. Saya yakin kamu semua pasti mau punya profesi seperti ini.

Itulah beberapa manfaat dari bermain video game. Sebenarnya segala hal yang dilakukan oleh manusia ada manfaatnya. Asal tidak melanggar hukum dan kebablasan. Setuju?