Tidak terasa, sudah lima tahun Final Fantasy XIV berjalan. Dimulai dari versi 1.0 yang berantakan sampai dengan ekspansi terbaru Stormblood yang baru saja dirilis. Meskipun langgeng, game MMORPG pasti memiliki puncak dari semuanya. Kira-kira kapan ending dari Final Fantasy XIV terungkap?

Dalam wawancaranya dengan Kotaku, Naoki Yoshida, producer dari game Final Fantasy XIV mengutarakan kapan para fans bisa melihat ujung cerita dari game buatannya ini. Menurut Yoshida, Final Fantasy XIV membutuhkan setidaknya dua ekspansi lagi untuk menyelesaikan storyline. Setelah hal tersebut tercapai, barulah Yoshida memikirkan mengenai masa pensiunnya.

Heavensward bernuansa Eropa, Stormblood Asia, untuk ekspansi selanjutnya apa yah?

Selain membicarakan mengenai alur cerita Final Fantasy XIV, Yoshida juga membicarakan mengenai kemungkinan gamenya dimainkan di Xbox dan Switch. Menurutnya salah satu syarat utama untuk membawa Final Fantasy XIV ke platform lain adalah adanya fitur cross-platform play. Melihat pembicaraannya dengan Kotaku, kelihatannya Yoshida masih belum rela melepaskan gamenya ke Microsoft dan Nintendo.

Yoshida juga mengungkap keuntungan dengan penghentian layanan Final Fantasy XIV di PS3. Dalam patch terbaru, seluruh mount darat bisa bergerak dengan cepet. Selain itu, karakter NPC juga bisa lebih cepat muncul saat pemain berpindah map dalam waktu singkat. Peningkatan ini terjadi setelah Yoshida memutuskan untuk membuang PS3. “Penyebabnya adalah karena dulu sistem membaca data lamban. Hal ini disesuaikan juga dengan spek konsol PS3 yang pada waktu itu masih bisa digunakan untuk bermain Final Fantasy XIV,” katanya.

The Barrens, salah satu zona di game WOW yang mengalami overhaul di ekspansi Cataclysm

Dan tidak lupa, apakah Final Fantasy XIV akan mengikuti jejak World of Warcraft yaitu dengan mempoles ulang dunia yang sudah ada dengan fitur-fitur baru? Jawabannya adalah iya, Yoshida dan timnya tertarik untuk melakukannya. Apalagi menurutnya masih wilayah-wilayah yang belum dieksplorasi.

So menurut kamu bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan masa depan Final Fantasy XIV yang diimpikan oleh Yoshida?