Dalam imbuhan, Ter digunakan untuk menyatakan makna dari sesuatu hal. Misalnya dalam kata terbaik yang bisa diartikan yang paling baik. Lalu apa hubungan imbuhan Ter ini dengan game?

Sepanjang tahun 2017 banyak terjadi momen menarik yang tidak bisa dilupakan oleh gamer. Mungkin ada ratusan bahkan ribuan momen, tapi belum tentu semua momen itu layak untuk dikenang. Ada momen-momen spesial yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Agar penutupan tahun 2017 ini berkesan dan berbeda dari yang lain, penulis akan merangkum momen-momen tersebut berdasarkan imbuhan Ter. Seperti apa? Yuk, silahkan disimak:

Game Ter baik 2017

Mengakhiri tahun 2017 tidak lengkap tanpa menyebutkan game mana yang pantas menyandang status game “Ter”baik. Nominasi dari game terbaik tahun ini ada banyak, tapi hanya satu yang bisa keluar sebagai pemenangnya. Horizon Zero Dawn, Resident Evil 7, NieR Automata, semuanya pantas menyandang status game terbaik 2017. Tapi, tidak ada yang bisa menandingi The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Langkah Nintendo untuk merombak ulang The Legend of Zelda dengan konsep baru yang fresh telah membuahkan hasil. Apalagi game ini juga menjadi flagship dari konsol hybrid milik Nintendo, yaitu Switch. Tidak heran jika tidak hanya media, tapi acara besar seperti The Game Awards memilih The Legend of Zelda: Breath of Wild menjadi jawara di tahun 2017. Congrats!

Game Ter populer 2017

Terbaik dan “Ter”populer itu berbeda menurut penulis. Belum tentu game terpopuler memiliki kualitas seperti game terbaik. Namun, dalam urusan popularitas, jelas game terpopuler lebih dikenal dan dimainkan oleh banyak orang. Berdasarkan logika tersebut, penulis akan memberikan kategori game terpopuler 2017 kepada game PlayerUnknown’s Battlegrounds alias PUBG.

PUBG sukses mencuri perhatian gamers yang menginginkan konsep baru dalam game kompetitif. Menawarkan konsep Battle Royale, PUBG langsung menjadi hits. Game ini bahkan sempat menyaingi sang raja, DOTA 2 dalam hal jumlah pemain yang online dalam jangka waktu tertentu. Pada bulan Oktober2 017, Steam mencatat ada 2 juta pemain yang memainkan PUBG, sedangkan DOTA 2 hanya 600 ribu pemain. Woot???

Game indie Ter baik 2017

Sulit menentukan game indie “Ter”baik di tahun 2017. Menurut penulis, ada dua game yang sebenarnya pantas menyandang gelarnya. Pertama, Hellblade: Senua’s Sacrifice yang memiliki tampilan visual mengagumkan. Tahukah kamu jika game ini hanya dikembangkan oleh 20 orang saja? Wow!

Pilihan kedua adalah Cuphead. Game bergenre platformer ini dikemas dengan konsep unik, yaitu ala film kartun jadul 1930-an. Meski lucu, jangan remehkan tingkat kesulitan Cuphead. Sangking sulitnya, game ini sempat disebut-sebut sebagai versi 2D dari Dark Souls.

Karena pemenangnya hanya ada satu, penulis lebih memilih Cuphead sebagai juaranya. Congrats!

Next penulis akan memilih game dengan kategori terburuk. Ingin tahu game mana yang terpilih, yuk lanjut ke halaman berikutnya…