Tahun ini banyak judul game besar yang dirilis dan pasti ada beberapa judul game indie yang luput dari radar gamer. Nah, kebetulan belum lama ini ada satu judul game indie bergenre shooter yang nampaknya cukup keren masuk ke meja redaksi Playcubic. Game ini adalah Azure Reflections versi PlayStation 4 besutan Unties (penerbit game) dan Souvenir Circ. (pengembang game). Bagaimana serunya Azure Reflections? Yuk kita bedah empat elemen penting dalam game ini mulai dari storyline-nya.

Game dengan judul lengkap Touhou Azure Reflections ini sejatinya mengusung tema side-scrolling bullet hell yang diadaptasi dari salah satu seri game bergenre shooter populer di Jepang, Touhou Project. Game yang dirilis ke PS4 pada tanggal 15 Mei 2018 lalu ke sejumlah wilayah di luar Jepang ini adalah versi “yang sudah ditingkatkan” dari versi aslinya yang dirilis ke PC pada tahun 2012 silam.  Dalam game ini diceritakan bahwa Reimu, Marissa dan Cirno harus berpetualang menyelamatkan dunia dari rencana jahat yang sudah disiapkan oleh Mistress Remilia. Lalu bagaimana serunya cerita tiap karakter dalam game ini menembaki musuh-musuh dengan berbagai macam ukuran tubuh? Silahkan kalian coba sendiri 😀

Masuk ke sisi gameplay, Playcubic agak canggung saat mencoba memainkan game ini dalam mode layar horizontal. Musuh datang dari sisi kiri dan kanan, bahkan kadang lewat atas serta bawah. Posisi kita sebagai pemain sepertinya harus berada di tengah layar agar bisa lebih mudah memprediksi dari mana musuh datang dan bagaimana cara menghindar dari serangan peluru yang bertubi-tubi. Menurut Playcubic, jika saja game ini hadir dengan mode layar vertikal, mungkin jalannya permainan tidak terlalu ribet. Perlu dicatat, untuk menghabisi musuh atau bos musuh, kalian perlu menekan tombol segitiga agar Danmaku Rush efektif saat musuh masuk dalam keadaan Break Chance.

Klik untuk memperbesar gambar

Selama bermain jangan lupa untuk mengumpulkan tiga jenis item yaitu item yang berwana merah (untuk meningkatkan power), biru (untuk menambah point) dan item berwarna hijau yang merupakan spirit energy sekaligus mata uang dalam game guna membeli sejumlah aksesoris lucu untuk memodifikasi karakter kita. Sebelum memilih karakter game kita bisa memilih ingin memainkan game ini dalam tingkat kesulitan apa (mudah, sedang atau sulit), lalu jangan lupa untuk memilih tipe arah tembakan dari karakter yang sudah kita pilih. Hal yang cukup menyusahkan dalam game ini adalah sistem save game-nya. Misalnya kita sudah masuk ke level 3 dan ingin kembali ke menu awal (padahal sudah memilih auto save on dan karakter kita masih memiliki banyak nyawa), saat ingin kembali bermain maka kita harus memulai permainan dari stage awal lagi. Hal ini cukup membingungkan karena pada umumnya game jaman sekarang sudah memiliki save point di tiap stage agar gamer bisa bermain di area atau stage terakhir gamer menyimpan progress permainan dan tidak perlu memulai game dari awal lagi. Yang tersimpan dari mode auto save on ini hanyalah mata uang dalam game dan sejumlah progress dalam game lainnya yang tidak berhubungan dengan save point di stage.

Nah masuk ke pembahasan sound game. Game ini memiliki suara khas game shooter yang cukup kental. Ditambah suara karakter game yang imut dan pastinya akan sering kalian dengar disepanjang permainan (karakter game dan bos musuh senang ngobrol sebelum dan setelah bertarung, hehehe). Untuk bagian sound game, Playcubic rasa tidak ada yang perlu dikritik karena sudah oke.

Klik untuk memperbesar gambar

Terakhir adalah grafis. Grafis game ini memadukan unsur 2D dan juga 3D. Peluru-peluru dan juga efek yang wara-wiri disepanjang permainan sangat nikmat untuk dilihat. Mata kalian akan terpuaskan dengan pendaran cahaya penuh warna yang sangat kaya. Tapi hati-hati, saat sedang asik-asiknya menikmati berbagai efek dalam game jangan lupa untuk menghindari peluru-peluru yang sangat jumlahnya sangat banyak.

Kesimpulan :

Bagi penggemar game bergenre shooter terlebih dari bagi fans Touhou Project nampaknya jangan sampai kalian melewatkan kehadiran game ini. Pemilik konsol PS4 wilayah di luar Jepang tidak ada ruginya untuk mencoba game ini karena sampai saat ini inilah seri game Touhou Project yang baru masuk ke wilayah Barat. Oiya, Mulai tanggal 30 Agustus 2018 sampai 12 September 2018, game versi Nintendo Switch dan PlayStation 4 akan dijual dengan diskon sebesar 30 persen, ini nampaknya waktu yang tepat bagi kalian yang ingin membeli Azure Reflections. Grafis dan sound dalam game sangat asik untuk dinikmati mata dan telinga, apalagi ditambah karakter game yang cakep. Sangat disayangkan fitur auto save “on” dalam game ini masih membingungkan.

Klik untuk memperbesar gambar

========================================================

Pros:

  • Untuk saat ini satu-satunya seri Touhou Project yang masuk ke konsol wilayah Barat
  • Gameplaynya sangat seru dan tidak membosankan
  • Tampilan visual sangat menarik
  • Sound dalam game sempurna untuk game bergenre shooter

Con:

  • Sistem auto save on masih membingungkan.

=======================================================

* Azure Reflections yang Playcubic review adalah versi konsol PS4.

REVIEW OVERVIEW
Graphics
Gameplay
Sound
Storyline
SHARE
Weez
Doyan Nongkrong di Warung Kopi