Kabar jika Fortnite bakal bisa dimainkan di Nintendo Switch menjadi kenyataan. Nintendo secara resmi mengumumkan di konferensi persnya jika Fortnite bisa dimainkan di Switch mulai detik itu juga. Sayang, kabar gembira ini justru dirusak oleh permasalahan serius.

Telah terungkap jika ternyata Fortnite versi Switch dan versi PS4 tidak saling tersambung. Artinya gamer yang memainkan Fortnite di kedua konsol tersebut tidak bisa saling bertemu, berbeda dengan versi mobile, PC, dan Xbox yang semuanya saling tersambung. Padahal Fortnite sebagai game yang memiliki fitur cross-play, hal seperti ini tidak seharusnya terjadi. Tidak hanya itu, terungkap juga fakta lain yang lebih mengesalkan.

Seandainya kamu telah memiliki akun Fortnite di PS4 dan ingin menggunakannya di Switch, kamu tidak bisa melakukannya. Akun milikmu di PS4 sudah terkunci dan tidak bisa dipakai di Switch. Artinya kamu harus membuat akun baru dan tidak hanya itu, semua item dan kostum yang sudah diperoleh akan hilang. Kebijakan ini menciptakan gelombang protes dari gamer Fortnite di internet seperti Reddit dan Twitter.

Entah apa maksud Sony dengan membuat kebijakan seperti itu. Apakah raksasa Jepang ini khawatir jika posisinya sebagai penguasa industri game lengser hanya karena cross-play? Bagaimana menurut kamu?

Thanks The Verge