Jika ada temanmu yang mengatakan “Game ini/itu mirip PUBG…” kemungkinan besar mereka adalah gamer generasi baru atau selama ini hidup di dalam gua. No, PUBG bukanlah game pertama yang mengusung genre battle royale. Jauh sebelum PUBG lahir ke dunia, sudah ada game lain yang mempunyai genre sama. Beberapa bahkan masih bisa dimainkan sampai sekarang, malah ada yang F2P!

Berhubung saat ini PUBG sedang happening, penulis akan memberikan kamu rekomendasi game mirip PUBG yang lain. Siapa tahu kamu sedang mencari alternatif karena bosan main PUBG, entah karena di-kill terus atau sudah jadi jagoan dan ingin mencari tantangan baru.

Fortnite: Battle Royale

Ini nih game yang patut kamu coba. Dikembangkan oleh Epic Games, Fortnite awalnya mengkombinasikan antara genre sandbox/builder dengan survival shooter. Namun, karena kepopuleran PUBG, developer Fortnite akhirnya mengimplementasi genre battle royale.

Pada tanggal 26 September 2017 kemarin, Epic Games secara resmi meluncurkan Fortnite: Battle Royale. Asyiknya lagi game ini adalah game F2P alias gratis! Belum lagi game ini tersedia di berbagai platform, mulai dari PS4, Xbox One,  dan juga PC.

Persaingan antara PUBG dengan Fornite adalah yang paling panas. Belum lama ini, developer dari PUBG Bluehole secara terang-terangan mengkritik Epic Games karena membuat Fortnite: Battle Royale. “Kami (Bluehole) khawatir jika Fortnite akan meniru apa yang ditawarkan di PUBG” kata Wakil Presiden Bluehole, Chang Han Kim.

H1Z1: King of the Kill

Dibalik persaingan antara PUBG dengan Fortnite, ada H1Z1: King of the Kill. Game ini dibuat oleh DayBreak yang merupakan pecahan dari Sony Online Entertainment. Hal yang sangat disayangkan dari game ini adalah tidak ada zombie. Ya, pada awalnya H1Z1 adalah game bergenre survival shooter dimana pemain harus bertahan hidup di dunia yang dipenuhi zombie. Namun, DayBreak memutuskan untuk merevisi konsep zombie dan menjadikan H1Z1 game dengan format battle royale.

Ironis memang tapi inilah yang namanya strategi pemasaran. Sebagus apapun produk yang ditawarkan tapi tidak ada yang membeli sama saja bohong. H1Z1: King of the Kill adalah game P2P dan bisa dimainkan di PC.

ARK: Survival of the Fittest

ARK: Survival Evolved tidak bisa dibantah adalah game survival+dinosaurus paling sukses. Semenjak muncul di Steam, game ini tidak pernah turun dari daftar game terpopuler. Munculnya hype battle royale akhirnya memaksa sang developer, Wildcard untuk merilis ARK: Survival of the Fittest. Perbedaan utama dari game battle royale yang lain adalah dalam ARK, pemain bisa mengendarai dinosaurus.

ARK: Survival of the Fittest sayangnya adalah game P2P (Kamu harus punya Survival Evolved lebih dulu) dan hanya tersedia di PC.

The Culling

Ini jadinya jika film The Hunger Games (Film pertamanya yah) diadaptasi menjadi game. The Culling dikembangkan oleh developer Xaviant. Game ini lebih berorientasi ke pertarungan jarak dekat dengan menggunakan kapak, tombak, golok dan lain-lain. Waktu permainan dari The Culling juga lebih cepat karena hanya bisa dimainkan oleh 16 pemain.

The Culling adalah game P2P dan bisa dimainkan di PC dan juga Xbox One.

Arma 2 dan Arma 3 Battle Royale

Bisa diibilang kedua game ini adalah nenek moyang dari PUBG. Brenda Greene, orang yang berada di belakang PUBG ternyata dulunya adalah modder yang membuat mod battle royale di Arma 2 dan Arma 3. Setelah sukses bereksperimen, Greene akhirnya menarik mod tersebut dan menciptakan gamenya sendiri PUBG.

Apakah mod Battle Royale di Arma 2 dan Arma 3 ini masih ada? Ya, mod itu masih bisa dimainkan tapi bukankah lebih asyik memainkan game yang dibuat langsung oleh maestronya?

Nah menurut kamu nih kira-kira game dari daftar tersebut yang paling asyik untuk dimainkan? Atau kamu justru lebih memilih PUBG dibanding game-game tersebut?