Dalam game sepak bola, peran para superstar sebagai ikon sangatlah penting. Selain untuk menunjukkan jika game sepak bola tetap up-to-date, para superstar ini juga diharapkan bisa membawa semangat mereka ke dalam game. Untuk memperlihatkan hal tersebut, tidak ada cara yang lebih baik dengan menempatkan mereka di sampul depan.

Bagi game FIFA dan PES, menggunakan superstar sepak bola sebagai sampul depan sudah menjadi suatu tradisi. Bahkan tradisi ini sudah menjadi semacam persaingan tersendiri bagi masing-masing game. Misalnya sampul depan pada game PES 2017 adalah tim Barcelona, sedangkan FIFA 18 memilih Christiano Ronaldo dari Real Madrid. Duel El Classico adalah fenomena sendiri di dunia sepak bola dan developer tahu itu.

Nah kembali lagi ke sampul depan, tahukah kamu jika Lionel Messi adalah pemain yang paling sering muncul sebagai cover boy di game sepak bola. Pemain nomor 10 dari tim Barcelona ini telah menjadi langganan baik di FIFA maupun PES. Jika Messi ada dua game sekaligus, sang rival yaitu Christiano Ronaldo hanya muncul di PES. Barulah pada FIFA 18, Ronaldo akhirnya resmi menjadi wajah baru untuk game FIFA.

Bukan hanya La Liga saja yang menjadi sorotan. FIFA merupakan penggemar berat dari Wayne Rooney. Mantan pemain Manchester United ini sempat tampil berkali-kali sebagai cover boy untuk game FIFA, dari FIFA 06 sampai FIFA 12. Rooney tentunya tidak sendiri. Ia didampingi oleh bintang Brasil, Ronaldino.

Jika selama ini game sepak bola selalu menggunakan pemain sebagai sampul depan, ada saat dimana tradisi tersebut dilawan. Masih ingatkah kamu dengan PES 3? Game ini merupakan satu-satunya game sepak bola yang menggunakan wasit sebagai sampul depan. Wasit ini adalah Pierluigi Collina. Ketika Lega Calcio masih populer, Collina adalah sosok wasit yang terkenal dengan ketegasannya. Sekali ada pemain yang berbuat nakal, Collina tidak segan-segan untuk memberikan kartu merah. Mungkin kekejaman inilah yang membuat Konami jatuh cinta.

Pemain termahal dunia saat ini, Neymar juga pernah terpilih menjadi sampul depan game PES. Nah pemilihan Neymar ini menimbulkan masalah sendiri. Kalian semua pasti sudah mendengar berita kepindahan Neymar dari Barcelona ke PSG. Padahal PES 2018 akan memiliki Barcelona Edition yang memperlihatkan Neymar dengan kostum Barcelona. Sebagai game sepak bola yang mengikuti trend, jelas ini adalah masalah besar.

Seperti itulah lika-liku dari sampul depan di game sepak bola. Mudah-mudahan saja suatu saat nanti pemain Indonesia bisa muncul sebagai cover boy-nya, amin.

SHARE
RangerMerah
Di sela-sela kesibukannya sebagai pahlawan "kebetulan", Ranger Merah adalah seorang gamer kritis yang suka memainkan game shooter, fighting, RPG dan simulasi olahraga. Jika tidak sedang beraksi melawan penjahat atau bermain game, Ranger merah lebih memilih untuk tidur seharian.