Ukuran file merupakan momok bagi gamer PC terutama gamer Indonesia. Mengunduh game berukuran besar tidak hanya menguras kuota, tapi juga memakan waktu yang super lama (Tahu sendiri kualitas provider internet di Indonesia).

Cukup curhatnya, sekarang kembali ke topik. Beredar kabar jika ukuran file game Middle-earth: Shadow of War ternyata hampir menyentuh 1 TB. Editor IGN, Dan Stapleton melalui akun Twitter milikinya @DanStapleton mengatakan jika game tersebut berukuran 97,7 GB. Menurut Dan, membengkaknya ukuran file Shadow of War disebabkan oleh video 4K dan voice acting. Ia juga membandingkannya dengan versi PS4 Pro yang ternyata lebih kecil yaitu 63,93 GB.

Beda apa yang dikatakan Dan Stapleton dengan Steam. Berdasarkan spesifikasi yang tercantum di Steam, Shadow of War hanya berukuran 70 GB saja. Ukuran seperti itu terbilang standar bagi game kategori AAA.

Jadi pertanyaannya adalah mana yang benar? Apakah Dan Stapleton atau Steam? Mungkin saja versi game yang diunduh oleh Dan masih belum di-compressed sehingga ukuran filenya jadi membengkak. Mungkin data yang tercantum di Steam belum di update atau mungkin hanyalah perkiraan saja. Bisa saja saat game ini sudah rilis dan akhirnya diunduh, ukurannya justru lebih besar daripada yang dicantumkan.

Well apapun nanti hasilnyanya, sebagai gamer PC Indonesia, penulis merasa keberatan jika harus mengunduh game berukuran besar. Bagaimana kalau kamu?