Saat ini banyak video game yang canggih dan pastinya keren. Situasi ini kadang membuat gamer mengalami dilema. Pada satu sisi mereka ingin memainkan video game pilihannya. Tapi, pada sisi lain mereka juga harus melihat kondisi keuangannya. Game keren biasanya identik dengan harga yang cukup mahal. Tidak hanya itu, belum tentu selera gamer terpuaskan dengan game yang dibeli.

Daripada memutuskan untuk membajak, ada cara lain yang lebih pantas untuk dilakukan. Dalam artikel ini, Playcubic akan membagikan beberapa tips jitu untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli sebuah video game. Tujuannya adalah supaya kamu tidak menyesal belakangan nantinya.

1). Gamenya Keluar Sekarang, Belinya Beberapa Bulan Setelahnya Atau Tahun Depan

Tidak bisa dipungkiri jika video game keluaran developer besar semacam Grand Theft Auto V memiliki harga yang sesuai dompet apalagi murah. ketika dirilis game tersebut akan dijual dengan harga fantastis yang bikin geleng-geleng. Menunggu harga turun pun mustahil.

Demi menghemat uang, sangat disarankan untuk menunda membeli game tersebut. Jika ingin harga yang murah, kamu harus sabar menunggu setidaknya setahun setelah game tersebut dirilis.

Contohnya, The Witcher 3: The Wild Hunt ketika dirilis tahun 2015 harganya luar biasa mahal. Tapi di tahun 2018, harga game ini sudah menurun drastis karena diskon. Memang kesannya kamu jadi ketinggalan zaman, tapi secara pengelolaan keuangan, kamu smart.

2.) Tunggu Versi GOTY (Game of the Year)

Menunggu versi GOTY juga bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli video game mahal. Kenapa? Karena versi GOTY ini biasanya sudah termasuk seluruh DLC yang pernah dibuat. Cara ini mungkin cocok dengan game yang memang memiliki banyak DLC. Jadi sekali tepuk, beberapa lalat bisa tewas sekaligus.

Tapi harus diingat, harga game edisi GOTY biasanya akan cukup mahal karena sudah satu paket dengan seluruh DLC. Tapi ada juga publisher yang merilis versi GOTY dalam jangka waktu cukup lama dari tanggal pertama perilisan gamenya. Karena sudah lama, otomatis harganya pun biasanya didiskon. Inilah saatnya jika kamu ingin membeli.

3. Menunggu Datangnya Event Diskonan

Cara yang satu ini pasti sudah kamu kenal dengan baik, apalagi gamer PC. Saat Steam mengadakan event diskon bulanan, itulah hari terindah bagi gamer PC. Berbagai video game dijual dengan potongan harga, terutama game-game lawas yang harga diskonnya tidak masuk akal. Momen seperti ini bisa dimanfaatkan untuk memborong berbagai jenis game sekaligus.

Bukan Steam saja yang kerap mengadakan event diskon bulanan. Perusahaan lain seperti Humble Bundle, GOG juga kerap mengadakan event yang sama. Untuk gamer konsol, Xbox dan Sony juga sering menyelenggarakan event diskon bulanan.

4. Coba Dulu Versi Demonya, Baru Putuskan Beli Atau Tidak

Membuat keputusan untuk membeli video game tidak hanya terpaku pada uang saja. Kamu juga harus memastikan jika game tersebut sesuai dengan selera. Kamu tidak inginkan sudah mengeluarkan uang tapi malah kecewa dengan benda yang dibeli.

Cara untuk mengetahui apakah game tersebut cocok atau tidak adalah dengan mencoba versi demo. Biasanya versi demo ini akan disediakan secara gratis oleh developer. Jika game yang kamu inginkan tidak memiliki demo, kamu bisa menontonnya di YouTube atau mungkin mencoba punya teman terlebih dahulu.

5. Tips Terakhir, Pastikan Baru Beli Jika Keuangan Oke

Tips terakhir ini sebenarnya paling penting. Pastikan dulu keuanganmu memadai sebelum membeli video game entah itu game mahal atau diskonan. Jangan sampai kamu makan nasi hanya dengan kecap gara-gara membeli game mahal.

Mudah-mudahan dengan tips di atas, kamu bisa lebih bijak saat membeli game. Ingat! Jangan percaya 100% kepada trailer atau termakan hype. Pada akhirnya yang menentukan puas atau tidaknya adalah kamu sendiri.