Bulan Oktober ini bisa dibilang adalah bulannya Red Dead Redemption 2. Game buatan Rockstar ini baru saja dirilis minggu lalu, tepatnya pada tanggal 26 Oktober.

Sekarang semuanya membahas mengenai game bertema cowboy itu. Mulai dari media dan YouTubers semua conten yang diunggah berhubungan dengan Red Dead Redemption 2. Gamer pun juga mengalami euforia yang sama, tapi hanya untuk gamer konsol saja. Lalu bagaimana dengan gamer PC? Sayangnya gamer PC tidak bisa ikut menikmati karena game ini hanya dirilis untuk konsol, yaitu PS4 dan Xbox One.

Pihak Rockstar sendiri belum mengumumkan informasi apa-apa mengenai iya tidaknya Red Dead Redemption 2 akan dirilis di PC. Karena ketidakjelasan ini muncul berbagai macam rumor dan isu, bahkan ilmu cocoklogi.

Misalnya ketika waralaba elektronik asal Jerman, Media Markt tanpa sengaja membocorkan informasi tanggal rilis Red Dead Redemption 2 versi PC. Informasi ini diangkat pertama kali oleh website techtastic.nl. Untuk bukti, diunggah pula screenshot halaman website Media Markt yang memuat informasi tersebut. Dalam keterangannya tercantum jika versi PC game ini akan rilis pada akhir tahun 2018 yaitu 31 Desember 2018. Menanggapi isu tersebut, Rockstar memilih bungkam.

Pada pertengahan tahun juga sempat muncul rumor jika Rockstar telah mengembangkan versi PC Red Dead Redemption 2. Informasi ini diungkap oleh developer Rockstar sendiri. Website VG247.com yang menemukan informasi ini mengklaim jika sang developer mencantumkannya di halaman Linkedin. Ia menulis jika ia ikut terlibat dalam pembuatan untuk versi konsol dan juga PC.

Belakangan muncul lagi bukti yang seakan menunjukkan keberadaan Red Dead Redemption 2 versi PC. Website Rockstarintel.com mengabarkan jika mereka menemukan program aneh di aplikasi companion app. Buat kamu yang belum tahu, aplikasi mobile ini adalah aplikasi resmi buatan Rockstar.

Kembali lagi ke masalah cocoklogi, ternyata dalam jeroan aplikasi tersebut tercantum program yang merupakan referensi dari versi PC Red Dead Redemption 2.

PARAM_FrameLimit – untuk framelimiter
PARAM_DX11Use8BitTargets – kemungkinan untuk Xbox One
PARAM_HDStreamingInFlight – program yang sama ada juga di GTA V (PC)
PARAM_Oculus
PARAM_companionAutoConnectIpDurango  
PARAM_companionAutoConnectIpOrbis
PARAM_companionAutoConnectIpPC
PARAM_singleThreadedRenderer
PostFX::g_CheckerBoardEnable
CommandIsPcVersion(void)    000000000166A12C

SIGNIN_ANDROID_APP_URL    0000000002A866D0   
SIGNIN_IOS_APP_URL    0000000002A9C890  
SIGNIN_PC_APP_URL    0000000002A51F58

Selain itu ada juga parameter yang menyebut produk anti-aliasing khusus PC milik NVIDIA, yaitu TXAA:

PARAM_txaa    0000000002FB96D0

Apakah referensi ini memang merupakan jejak yang ditinggalkan Rockstar atau hanya sekedar bercandaan tidak diketahui. Seperti biasa Rockstar sama sekali tidak merespon mengenai isu tersebut.

Saya yakin, selain rumor-rumor di atas, masih banyak rumor lain seputar Red Dead Redemption 2 versi PC. Menurut saya ini adalah hal yang wajar karena gamer PC pasti juga ingin memainkan game tersebut. Coba bayangkan kualitas gambar game ini yang sudah bagus dibuat ciamik ketika dimainkan di PC. Belum lagi keleluasaan untuk menggunakan mod seperti di GTA V.

Jadi pertanyaannya adalah apakah Red Redemption 2 pasti rilis di PC? Saran saya adalah berkaca dengan game GTA V. Game ini juga awalnya hanya rilis di konsol. Setelah dua tahun, Rockstar baru merilis versi PCnya. Jadi masih ada harapan meskipun masih lama.

Untuk sekarang Biarkan para gamer konsol senang. Jika saatnya tiba, gamer PC pun juga akan ikut bersenang-senang dengan Red Dead Redemption 2.