Acara live streaming Square Enix membawa kabar tidak mengenakkan. Director dari game Final Fantasy XV, Hajime Tabata, resmi mengundurkan diri dari Square Enix. Pengunduran diri Tabata ini juga berdampak kepada dihentikannya pengembangan DLC dari game tersebut. Berikut adalah video livestream lengkapnya:

Pada bulan April lalu, Square Enix mengungkap adanya 4 DLC baru dari Final Fantasy XV. DLC ini adalah Episode Ardyn, Episode Aranea, Episode Lunafreya, dan Episode Noctis. Semua DLC tersebut akan dirilis pada musim semi tahun 2019 mendatang. Tapi karena pengunduran diri Hajime Tabata, DLC tersebut terpaksa dibatalkan kecuali Episode Ardyn. Rencananya DLC ini akan dirilis pada bulan Maret 2019 di PS4, Xbox One, dan PC. Berikut adalah teaser trailernya:

Dalam keterangan resminya, Hajime Tabata mengatakan jika Episode Ardyn adalah karya terakhirnya di Square Enix. Alasan ia mengundurkan diri adalah karena ingin mengejar “mimpi” yang lain. “Bekerja Square Enix memberikan saya banyak pengalaman. Final Fantasy XV adalah karya milik saya yang spesial. Namun saya memiliki rencana lain dengan masa depan saya. Oleh karena itu saya memutuskan untuk meninggalkan Square Enix dan memulai perusahaan saya sendiri. Terima kasih dukungannya selama ini,” tulisnya.

Hajime Tabata sendiri tidak hadir dalam acara livestream tersebut. Keterangan pengunduran dirinya dibacakan oleh Global Brand Director untuk Final Fantasy XV, Akio Fuji. Selain mengenai Tabata, Fuji juga menjelaskan mengenai rencana kedepan dari Final Fantasy XV. Salah satunya adalah mengenai Luminous Productions, studio bentukan Square Enix yang ditujukan untuk pengerjaan game AAA. Fuji mengatakan jika saat ini studio tersebut tengah mengerjakan “sesuatu”.

Pengumuman lainnya adalah mengenai mode multiplayer Final Fantasy XV yaitu Comrades. Game standalone ini akan dirilis pada tanggal 12 Desember mendatang di PS4 dan Xbox One. Sayangnya versi PC tidak akan mendapat update tersebut. Bagi pemilik DLC Comrades, game standalone ini bisa diunduh gratis. Akan terdapat konten tambahan, yaitu 10 boss, kostum, dan senjata baru.

Informasi lainnya adalah mengenai kolaborasi game Final Fantasy XV dengan Final Fantasy XIV. Pada tanggal 12/13 Desember mendatang, Final Fantasy XV akan kedatangan quest spesial yaitu “Adventurer from Another World”. Jika quest ini berhasil diselesaikan, Noctis cs akan mendapatkan item hadiah.

Terlepas dari kabar buruk, ada kabar baik yang pastinya kamu suka. Dengan dihentikannya produksi Final Fantasy XV, Square Enix bisa mengerjakan proyek lainnya. Kingdom Hearts III juga telah rampung dan akan rilis pada awal tahun 2019. Artinya hanya satu game yang akan menjadi fokus, yaitu Final Fantasy VII Remake. Mudah-mudahan saja pada E3 2019 akan ada titik terang dari game tersebut.

Bagaimana menurut kamu?