Gamer mana yang tidak kenal sosok Hironobu Sakaguchi? Ia merupakan ayah dari game Final Fantasy. Jejak dari pria berusia 54 tahun ini bisa dilihat dari game Final Fantasy pertama sampai dengan Final Fantasy X. Namun, pada tahun 2004 ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari Square Enix dan membentuk studionya sendiri Mistwalker.

Final Fantasy XV yang membuat heboh pada tahun 2016 kemarin bukanlah karya dari Hironobu Sakaguchi. Tongkat estafet sudah diwariskan kepada producer baru yaitu Hajime Tabata. Lantas bagaimana pendapat ‘sang eyang’ dengan game Final Fantasy XV.

Dalam wawancaranya dengan Dualshockers, ia ternyata sangat memuji peran Tabata. “Final Fantasy XV adalah proyek ambisius dan penuh tantangan. Menurut saya Tabata telah melakukan kerja yang baik karena sudah merampungkannya,” ucapnya. Sakaguchi juga mengatakan jika ia Tabata adalah teman dan mereka sering hangout bersama. Anehnya Sakaguchi sama sekali tidak menyatakan apakah Final Fantasy XV itu bagus atau tidak. Jangan-jangan ada rasa cemburu nih.

Saat ini Sakaguchi dan Mistwalker sedang disibukkan dengan game Terra Battle. Game ini awalnya dirilis dalam versi mobile dan sekarang akan diporting ke konsol. Ia juga sedang mengembangkan sekuelnya yaitu Terra Battle 2 dan Terra Wars.

Mengusung RPG klasik, Terra Battle benar-benar mencerminkan Hironobu Sakaguchi

Impian Playcubic adalah suatu saat Square Enix bisa berkolaborasi dengan Hironobu Sakaguchi. Jika mimpi ini bisa menjadi kenyataan, kira-kira game apakah yang akan lahir dari kolaborasi ini?