Hanya dalam hitungan jari, game Monster Hunter: World akan segera dirilis. Sayang, untuk sementara hanya pemilik konsol saja yang bisa menikmati game tersebut. Gamer PC masih harus menunggu sampai menjelang akhir tahun 2018 untuk bisa memainkannya… itupun juga kalau Capcom masih ingat.

Merayakan kedatangan Monster Hunter: World, penulis telah mengumpulkan beberapa fakta yang mungkin belum kamu ketahui tentang franchise ini. Mulai dari awal dibuatnya, monster yang menjadi coverboy, sampai kesuksesannya sekarang.

Apa-apa sajakah fakta tersebut? Simak rangkumannya berikut ini:

1. Monster Hunter Adalah “Game Keluarga”

Orang yang berperan besar dalam kesuksesan game Monster Hunter, Ryozo Tsujimoto ternyata memiliki hubungan darah dengan para petinggi Capcom. Ayah dari Ryozo yaitu Kenjo Tsujimoto ternyata adalah CEO dari Capcom, sedangkan saudaranya Haru Tsujimoto merupakan Presiden Capcom.

Sekarang semuanya jelas kenapa Monster Hunter menjadi anak emas Capcom.

2. Awalnya Monster Hunter Diciptakan Untuk Fitur Online PS2

Sebelum World, Tri, Portable, dan lain sebagainya ada, game pertama Monster Hunter diluncurkan di PS2. Maksud Capcom merilis game ini sebenarnya adalah untuk memanfaatkan fitur online yang dimiliki oleh PS2. Sayang, server Monster Hunter dimatikan tidak lama setelah game itu dirilis. Namun, game tersebut sudah berhasil mendapatkan tujuannya, yaitu meraih popularitas.

3. Umur Game Ini Sudah Cukup Panjang

Tanpa disadari, Monster Hunter ternyata sudah berumur 14 tahun. Game ini pertama kali dilahirkan pada tahun 2004, dan terus berevolusi menjadi seperti sekarang. Bayangkan berapa banyak variasi monster, weapon, armor, dan lain sebagainya jika dirunut dari awal sampai sekarang.

<!–nextpage–>

4. Manuver Dari Konsol Ke Handheld Lalu Kembali Ke Konsol

Monster Hunter bisa dibilang memiliki pola yang cukup unik. Setelah menelurkan game pertama dan kedua (Monster Hunter Dos), Capcom memutuskan untuk beralih ke handheld. Sekarang game tersebut kembali ke tempat kelahirannya, yaitu di konsol.

Berdasarkan keterangan Ryozo Tsujimoto dalam wawancaranya dengan Telegraph, hal ini disebabkan oleh Capcom yang menyesuaikan diri dengan keinginan konsumen di Jepang. Meski digemari oleh gamer barat, target utama Capcom adalah gamer Jepang.

Menurut Ryozo, gamer Jepang lebih menyukai handheld dimana mereka berkumpul bersama dalam satu tempat dan bermain bersama. Inilah alasannya kenapa Capcom menjadi handheld sebagai prioritas utama. Namun, pada Monster Hunter: World, konsep tersebut akan berubah. “Sekarang kami akan melihat ke dalam cakupan yang lebih besar,” katanya.

5. Mencari Monster Hunter Di PC

Konsol ada, handheld pun ada, lalu bagaimana dengan PC? Ternyata ada dua game Monster Hunter di PC yang bisa dimainkan sekarang juga, tidak perlu menunggu lagi seperti Monster Hunter: World. Kedua game ini adalah Monster Hunter Frontier dan Monster Hunter Online. Sayang kedua game ini hanya terbatas untuk negara tertentu.

Monster Hunter Frontier hanya tersedia di Jepang, sedangkan Monster Hunter Online khusus di China. Meski begitu, game ini tetap dapat diakses oleh gamer luar asalkan mereka mengerti bahasanya.

6. Monster Paling Awet

Jika kamu sudah memainkan game Monster Hunter pertama sampai sekarang, kamu pasti tahu monster apa yang sebenarnya menjadi flagship game ini. Monster tersebut adalah Rathalos, wyvern berwarna merah yang dijuluki sang penguasa angkasa. Monster ini tidak pernah absen dari setiap seri.

<!–nextpage–>

7. Selalu Ada Babi Dan Kucing

Selain Rathalos, maskot lainnya dari game Monster Hunter adalah kucing dan babi. Kucing dalam game ini dinamain Felyne. Pada awalnya Felyne hanyalah monster biasa, namun sekarang mereka bisa menjadi asisten pemain saat berburu monster.

Babi dalam Monster Hunter dinamakan Poogie dan bisa dijadikan hewan peliharaan pemain. Poogie juga bisa didandani dengan kostum lucu agar semakin menggemaskan.

8. Popularitasnya bisa menyaingi Street Fighter

Street Fighter mungkin adalah game terlaris milik Capcom, namun bukan berarti posisi mereka aman. Jika franchise Monster Hunter terus berjalan seperti yang diharapkan oleh Capcom, bukan tidak mungkin posisi Street Fighter sebagai terlari bakal dikudeta.

9. Akan Ada Versi Filmnya

Penulis tidak bercanda. Hollywood ternyata telah memperhatikan Monster Hunter. Pada event Tokyo Game Show 2016 lalu, Ryozo Tsujimoto mengumumkan jika Capcom telah menyetujui pembuatan film live-action Monster Hunter.

Berita tersebut berlanjut dengan munculnya nama sutradara W.S. Anderson yang disebut bakal mengerjakan proyek tersebut. Untuk membuat kamu tidak nyaman, W.S. Anderson adalah sosok di belakang film Mortal Kombat dan Resident Evil.

Mudah-mudahan informasi ini bisa menambah informasimu tentang dunia Monster Hunter.

Monster Hunter: World akan dirilis pada tanggal 22 Januari 2018 di PS4 dan Xbox One. Versi PC menyusul pada musim gugur tahun ini. Jika kamu adalah gamer konsol, maka penulis mengucapkan selamat menikmati. Jika kamu gamer PC, maka penulis mengucapkan selamat menunggu.