Tidak bisa dipungkiri lagi jika PSOne adalah konsol yang paling memorable, dari dulu saat zaman keemasannya sampai jaman now. PSOne adalah tempat munculnya game-game yang sekarang telah menjadi franchise terkenal. Tanpanya, Sony tidak akan bisa menguasai industri game. Jika konsol ini tidak lahir, maka adik-adiknya (PS2, PS3, dan PS4) juga tidak akan pernah ada.

Popularitas ini seakan tidak kenal batas inilah yang akhirnya mendorong orang-orang untuk “berimprovisasi”. Tidak hanya untuk bermain game saja, konsol tersebut dirubah, dimodifikasi, bahkan dibajak demi menciptakan suatu produk baru yang memiliki raganya, tapi dengan jiwa yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat apa-apa saja bendanya di sini:

5. Jam PSOne

Ide ini bisa ditiru oleh siapa saja, asalkan kamu punya PSOne yang mau dikorbankan. Pertama, keluarkan jeroannya, lalu bor bagian penutup disc dengan bentuk angka-angka yang ada dalam jam. Setelah itu pasang jarum jam pada bagian tengah beserta baterainya yang tersembunyi di belakang penutup disc. Jika ingin lebih wow, kamu bisa tambahkan lampu di dalam casing agar jam tersebut bisa menyala dalam gelap.

Silahkan mencoba.

4. Versi mini

Pernah melihat PSOne mini yang bahkan lebih kecil dari telapak tangan? Versi mini di atas dibuat oleh Takara Tomy ARTS dan kelihatannya hanya ada di Jepang saja. Bahkan salah satu konsoi memiliki layar LCD yang bisa menampilkan gambar boot screen, luar biasa.

3. Nintendo PlayStation

Alkisah dahulu kala, Sony dan Nintendo sempat bekerjasama dalam membuat konsol game. Konsol hybrid ini dinamai Nintendo PlayStation. Konsol tersebut bisa digunakan untuk memainkan game dengan format CD dan cartridge. Seandainya ini jalan yang dipilih, mungkin PSOne tidak akan pernah lahir.

2. Optimus “PSOne” Prime

Apa jadinya jika pemimpin Autobot, Optimus Prime bukan berubah dari truk, melainkan PSOne? Benda aneh tapi keren ini dibuat oleh Takara Tomy dalam rangka merayakan ulang tahun ke-30 PlayStation. Selain Optimus, Takara Tomu juga membuat versi Megatron yang berubah dari konsol klasik Sega Megadrive.

1. Polystation

Gamer Indonesia pasti sudah tidak asing lagi sama yang namanya Polystation. Konsol abal-abal ini memiliki casing PSOne, tapi ketika dibuka justru muncul cartridge untuk kaset Nintendo. Jika diibaratkan Nintendo Playstation adalah anak asli, Polystation adalah anak haram yang justru lebih populer.

Itulah berbagai variasi dari PSOne. Beberapa terlihat keren, tapi ada juga yang memalukan.

Bagaimana menurut kamu?