Minggu ini adalah minggu yang besar bagi Ubisoft. Kenapa? Publisher game asal Prancis ini baru saja mengumumkan dibuatnya game Division 2. Rencananya game tersebut akan dipamerkan pada event E3 2018 mendatang.

Dilansir dari halaman resminya, Division 2 akan kembali dikerjakan oleh Massive Entertainment. Mereka akan dibantu oleh Ubisoft Reflections, Red Storm Entertainment, Ubisoft Annecy, Ubisoft Shanghai, dan Ubisoft Bucharest. Para developer juga mengerjakan game pertama yang rilis pada tahun 2016 lalu. Division 2 nantinya juga akan diperkuat dengan snowdrop engine yang telah dimutakhirkan.

“Setelah kami merilis Division dua tahun lalu, kami sudah memiliki visi yang jelas dengan game ini. Oleh karena itu, pada perayaan ulang tahun ke-2 ini kami mengumumkan Division 2. Game ini akan menjadi bagian dunia Division yang kami telah ciptakan,” tulis developer.

Tentunya Ubisoft tidak melupakan para gamer Division pertama. Rencananya dalam beberapa bulan ke depan, Ubisoft akan menggulirkan update baru. Setiap update ini akan saling berhubungan dan berujung dengan peluncuran game Division 2.

Update yang digulirkan Ubisoft untuk Division

Pertanyaan Untuk Ubisoft…

Dibalik kehebohan pengumuman tersebut, terselip pertanyaan. Kenapa Ubisoft malah membuat sekuel dari Division? Padahal game ini sendiri adalah game MMO (Massively Multiplayer Online).

Sebagai perbandingan, coba lihat game MMO seperti World of Warcraft.  Blizzard tidak pernah mengumumkan World of Warcraft ke-2 atau ke-3. Yang mereka lakukan adalah mengimplementasi ekspansi baru untuk menambah konten yang sudah ada. Idealnya inilah yang dilakukan oleh game online.

Apa yang dilakukan oleh Ubisoft dengan mengumumkan Division 2 justru berkesan materialistis. Sepertinya kesuksesan game pertama membuat Ubisoft gelap mata. Mereka lebih mementingkan ”keuntungan penjualan” dibandingkan kualitas game itu sendiri.

kalau menurut kamu bagaimana?