7 Tips Singkat Membeli Xbox 360 Bekas

Belum lama ini ada salah satu pembaca setia Playcubic yang bertanya, “Min, ada tips membeli Xbox 360 bekas¬†gak?” Nah…dari pertanyaan itu, hari ini Playcubic akan menjawabnya lewat artikel dengan mengacu pada pengalaman membeli barang bekas pakai, khususnya konsol bekas.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa Xbox 360 boleh dibilang sudah termasuk konsol lawas dari Microsoft (saat ini konsol next-gen dari Microsoft adalah Xbox One) yang umurnya mungkin tinggal 2 atau 3 tahun lagi, namun untuk saat ini Xbox 360 (bekas) masih menjadi incaran gamers yang berkantong pas-pasan seperti Saya, namun ingin merasakan asiknya bermain games dengan grafis mantap ūüėÄ

Oke, berikut ini 7 tips dari Playcubic bagi kalian sekarang sedang mencari konsol Xbox 360 bekas:

1. Jangan pernah membeli Xbox 360 Fat generasi sebelum mesin Jasper seperti Falcon, Opus, Zephyr, apalagi Xenon (paling tua)

>Belilah Xbox 360 Fat generasi Jasper untuk menghindari kemungkinan mesin terkena RROD (red ring of dead) atau jika ada dana lebih silahkan beli Xbox 360 seri slim. Jika kalian berniat memodifikasi Xbox 360 tersebut dengan metode Flash LT atau JTAG/RGH (Playcubic tidak menyarankan ya) banyak gamers Xbox 360 kawakan yang menyarankan tidak membeli model slim bertipe E.

7_tips_membeli_xbox_360_bekas1
7_tips_membeli_xbox_360_bekas2

2. Jika ingin memodifikasi konsol atau sudah terlanjur membeli Xbox 360 bekas yang sudah di modifikasi, tanya dimana seller tersebut melakukan modifikasi

Ini penting mengingat kualitas modifikasi tergantung dari modder yang mengerjakannya. Jangan sampai membeli konsol yang dimodifikasi namun hasilnya berantakan, bisa-bisa kalian gigit jari sebelum sempat memainkan game. Kalau bisa bawa teman yang ahli dalam hal modifikasi, atau paling tidak ajak teman yang memiliki Xbox 360 dan paham bagaimana Xbox 360 bekas yang masih baik, terutama bagian jeroan Xbox 360 modifikasi yang sehat.


3. Jika memungkinkan, pilih Xbox 360 yang memiliki HDD internal berukuran 60GB ke atas

Karena ada beberapa games Xbox 360 dan konten yang memerlukan penggunaan HDD internal. Bukankah lebih baik jika kita memiliki cadangan kapasitas HDD yang besar?


4. Cek kelangkapan aksesoris seperti headset, Kinect, dan kelengkapan pendukung lainnya seperti kabel power, kabel komponen, kabel HDMI (jika ada) dan kontroler

Pilih yang masih lengkap dan masih bagus tentunya. Jangan lupa tanyakan apakah ada bonus games yang bisa seller berikan kepada kalian (gak mau rugi broh! hehehe).

7_tips_membeli_xbox_360_bekas1

7_tips_membeli_xbox_360_bekas2

5. Cek Kontroler

Bisa dicoba langsung atau lihat bagian fisiknya dan rasakan bagaimana respon tombol-tombol di kontroler jika ditekan. Buka tutup baterai, lihat apakah kuningan baterai masih terlihat bersih dan lihat juga karet dibagian analog kanan dan kiri, apakah masih ada atau sudah habis termakan usia. Jika bisa pilih Xbox 360 bekas dengan kontroler yang masih bagus, syukur-syukur sellernya memberikan bonus kontroler baru, hehehe. Oh iya, jika kontroler yang diberikan seller masih menggunakan kabel (wired) jangan lupa mengecek kondisi kabel dan ujung bagian kontroler yang menyambungkan kabel tersebut, goyang atau tidak. Tentunya kalian harus pilih yang kabel-kabelnya masih dalam kondisi baik.

6. Periksa dan tanyakan kepada seller apakah drive Xbox 360 bekas tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak

Dengan drive yang sehat maka ini tentunya akan memudahkan bagi gamers yang ingin memindahkan games dari DVD ke HDD internal Xbox 360 langsung di mesin konsol

7. Nah yang terakhir namun tidak kalah penting adalah pilih Xbox 360 bekas yang masih memiliki box dengan kondisi baik alias tidak sobek-sobek

Box yang baik tentunya akan menjadi nilai tambah tersendiri jika suatu hari kalian ingin menjual lagi Xbox 360 tersebut atau untuk sekedar menyimpan Xbox 360 dalam box dan dipajang di lemari penyimpanan barang.