Buat kamu para gamer pasti udah gak asing lagi dengan yang namanya PS4. Generasi ke empat dari Play Station ini telah hadir dengan berbagai fitur dan pembaharuan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tentu hal ini juga berdampak dari segi harga yang sangat melambung tinggi dan gak jarang orang lebih suka pergi ke rental PS daripada beli PS sendiri.

Tapi kamu gak perlu khawatir jika kamu penggemar berat PS4 dan ingin punya konsol gamenya, maka kamu bisa beli PS4 bekas. Selain masih dalam kondisi prima, harganya pun telah turun jauh. Sebelum membeli kamu harus tahu cara agar kamu gak salah membeli PS4 yang kondisinya sudah buruk.

Makanya, kamu wajib banget tau 7 tips belanja ps4 supaya kamu merasa puas dan gak rugi nantinya. Ok langsung saja yuk simak 7 tips lengkapnya dibawah ini.

  1. Pilih Tipe PS4 Terlebih Dahulu

Sebelum kamu beli, kamu harus pilih dulu jenis PS4 yang kamu inginkan. Saat ini ada 3 jenis PS4 yang tersedia yakni PS4 standard, PS4 Pro dan PS4 Slim. Contohnya pada PS4 Pro memiliki prosesor CPS yang lebih cepat, chip grafis yang lebih tinggi serta ruang penyimpanan (memory) yang luas. Bentuk PS4 Pro pun berbeda dengan PS4 standard pada umumnya. Jadi pilih dulu ya sebelum membeli.

2. Tahu Kisaran Harga

Sekarang kamu sudah tahu tipe mana yang ingin kamu beli. Selanjutnya kamu harus melakukan survey kisaran harga PS4 yang kamu incar. Kamu bisa mencari harga barunya saat ini dan harga bekas yang beredar di toko online. Dengan mengetahui kisaran harga, kamu sudah bisa menyiapkan budget atau dana untuk membeli PS4 yang kamu idamkan.

3. Periksa Kelengkapan dan Tanya Kondisi PS4

Tips yang satu ini penting banget dan gak boleh kelewatan. Kamu bisa mulai dengan menanyakan kapan PS4 ini pertama kali dibeli. Apakah saat pertama kali dibeli kondisinya sudah bekas atau baru? Atau apakah dibeli secara langsung dari toko? Lebih baik kalau kamu memilih PS4 bekas yang dulunya dibeli langsung dari toko. Cek juga kelengkapan power kabel, stick atau kontroler, kabel HDMI dan kelengkapan lainnya seperti kabel USB.

4. Cek dan Tes Sistem

Saat kamu mendatangi toko atau orang yang menjual PS4 bekas, pastikan kalau kamu mengecek kelengkapan seperti stick. Akan lebih baik kalau kamu langsung mencoba menyalakan mesin dan mencoba mengoneksikannya ke internet dan coba masukkan akun PSN agar kamu bisa mengetahui sistem tersebut sudah terkoneksi dengan baik atau belum.

Perhatikan juga komponen lain seperti USB Port dan pastikan juga kalau PS4 yang ingin kamu beli itu bisa dengan normal membaca DVD Blue Ray. Kalau kamu sudah mengecek semuanya dan ternyata masih dalam kondisi optimal, kamu boleh deh langsung lanjut ke tips selanjutnya.

5. Deteksi Adanya Gejala Auto Eject

Ada satu hal yang bakal bisa mengganggu kegiatan gaming kamu yaitu adanya gangguan Auto Eject. Apa itu auto eject? Hal ini adalah sebuah error yang bisa membuat game kamu tiba-tiba keluar sendiri di tengah-tengah permainan. Nah makanya kamu perlu tanya dan uji coba cek terlebih dulu. Biasanya auto eject terjadi pada tipe PS4 1206 kebawah.

6. Pandai Nego

Kunci dari setiap kamu membeli barang ialah dengan pintar nego harga kepada si penjual. Kalau kamu sudah tahu perbandingan harga dan kondisi PS4, maka kamu bisa langsung nego harga. Coba untuk menawar dengan harga kisaran Rp 3,5 jutaan dan didukung dengan alasan yang kuat. Kalaupun harga dirasa terlalu mahal daripada kondisi PS4, maka lebih baik kamu cari PS4 bekas lain saja.

7. Minta Bukti Pembelian

Negosiasi harga telah mencapai kesetujuan dua belah pihak maka kamu juga bisa langsung minta bukti pembelian kepada sang penjual. Walaupun merupakan hal yang sangat sepele tapi bukti ini bisa berlaku untuk garansi nantinya.

SHARE
Manjaro Jare
Making love to you is like a dream to me Having you beside me is a fantasy I've been reaching for a star Trying to catch the morning sun I long for you, my lady in the night