Warung internet atau warnet bukanlah suatu hal yang baru. Saya yakin kamu pasti pernah mengunjungi tempat ini entah untuk browsing atau main game. Dulu warnet sempat menjamur dimana-mana. Sekarang meski masih ada, warnet sudah tidak sebanyak dulu.

Kenapa pada waktu itu warnet sangat digandrungi? Alasannya adalah karena teknologi dan saluran internet masih terbatas. Hanya sedikit orang saja yang memiliki komputer pribadi dan tersambung ke internet. Selain itu, smartphone canggih pada waktu itu belum tercipta. Itulah alasan kenapa warnet akhirnya menjadi pilihan utama.

Dalam artikel ini saya ingin mengajak kamu untuk bernostalgia. Pasti ada beberapa hal dari warnet yang membuat kamu kangen berat. Ini 7 hal yang membuat pengalamanmu bermain di warnet dulu menjadi berkesan.

1. Billing Lumba-Lumba Legend

Billing dengan gambar lumba-lumba ini pasti merupakan kenangan yang paling tidak bisa dilupakan dari warnet. Hampir setiap warnet menggunakan sistem billing sepeti ini. Inilah yang membuat billing lumba-lumba ini menjadi ikon tersendiri untuk warnet pada saat itu.

2. Nunggu Giliran Sambil Nonton Orang Main

Saking populernya dulu, warnet selalu penuh apalagi pada akhir pekan. Apa yang kamu lakukan pada saat warnet yang kamu datangi penuh? Cara pertama adalah pergi dan mencari warnet lain. Cara kedua yang banyak dilakukan orang adalah menunggu giliran. Selama menunggu ini kamu pasti bakal nonton orang lagi main. Bahkan ada juga orang yang berani memberikan saran dan komentar kepada orang yang ditonton.

Mengomentari orang yang sedang bermain ini memiliki dua hasil. Pertama, kedua orang ini akan menjadi teman. Kedua, kedua orang ini malah berkelahi karena ada pihak yang tidak terima atau kesal karena dikomentari. Kalau kamu biasanya dapat ending yang mana?

3. Main Paket Kalong Alias Begadang

Hari libur dan hari Sabtu adalah hari paling disukai oleh anak warnet zaman dulu. Karena besoknya hari minggu, biasanya anak-anak warnet mau begadang semalaman suntuk demi bermain game. Uang jajan dari jauh-jauh hari disimpan untuk membayar billing dari malam sampai pagi.

Tapi ada juga anak warnet yang malah ketiduran. Karena mata sudah tak kuat, akhirnya meja warnet pun jadi alas tempat menyederkan kepala. Ketika bangun karena sudah pagi baru menyesal karena paketnya jadi sia-sia.

4. Colok Flashdisk, Cabut Penuh Virus

Komputer warnet meski telah menggunakan software pengaman tetap saja bervirus. Hal ini jelas berdampak kepada orang yang ingin browsing. Karena dulu belum ada cloud, untuk menyimpan data digunakan flashdisk. Ketika dicabut, flashdisk ini tidak lagi sesuci yang dulu melainkan sudah terkontaminasi oleh virus.

5. Teken Tombol Refresh Terus-Terusan

Karena masih lugu dan polos, dulu kita mudah tertipu oleh hoaks. Misalnya ketika koneksi internet di warnet lagi lemot, hal yang dilakukan seterusnya pasti menekan tombol F5 alias Refresh. Padahal apa yang dilakukan ini sama sekali tidak memberikan efek apa-apa.

6. Chatting

Warnet dulu juga merupakan satu-satunya tempat untuk chatting. Kepopuleran chatting ini luar biasa bahkan menyamai bermain game online. Karena itu biasanya warnet juga dibagi sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Ada warnet yang memang hanya untuk browsing dan chatting, ada juga warnet khusus untuk main game.

7. Makan Indomie

Main di warnet tidak akan lengkap tanpa makan Indomie. Mie instan ini merupakan makanan wajib. Tidak ada yang lebih enak dari makan Indomie kuah pakai telur sambil bermain game online.

Jadi bagaimana menurut kamu? Apakah 7 hal di atas ada satu atau dua hal yang sudah pernah kamu rasakan dulu?