PC gaming memang telah dirancang memiliki spesifikasi tinggi. Tujuannya tentu saja agar penggunanya bisa memainkan banyak game dalam durasi yang lama dan tanpa harus takut dengan lag. Itulah yang membuat performa PC gaming berbeda dengan PC biasa.

Walaupun spesifikasi PC gaming sudah memadai, pengguna tetap perlu melakukan maintenance atau perawatan. Tujuannya adalah agar PC gaming bisa awet dan terus bekerja secara optimal. Jangan anggap remeh maintenance ini. Jika tidak dilakukan secara rutin bisa-bisa kinerja PC gaming jadi terganggu dan berujung dengan rusak.

Dalam artikel ini akan dibagikan tips-tips sederhana namun efektif untuk merawat PC gaming. Berikut adalah cara-caranya:

1. Bersihkan PC Minimal Satu Bulan Sekali

Ingatlah untuk selalu membersihkan PC minimal satu bulan sekali. Saat membersihkan, kamu bisa mulai dengan membersihkan debu-debu yang menempel di permukaan PC lebih dulu. Jangan lupa juga untuk membersihkan komponen-komponen lain seperti CPU, keyboard, dan juga speaker. Debu yang kelamaan menempel bisa menyebabkan korsleting.

2. Pasang Fan Tambahan

Alangkah baiknya jika kamu bisa menambah fan/kipas tambahan pada casing PC. Memang biasanya processor dan VGA sudah dilengkapi oleh fan, tapi itu tidak cukup.

Tujuan adanya fan tambahan ini adalah agar sirkulasi udara yang panas di dalam PC bisa keluar. Pastikan juga agar fan mengarah ke luar. Dengan cara ini, PC milikmu bisa terhindar dari overheating.

Ingat jangan sampai salah memasang arah fan. Jika kamu salah memasang arahnya (Malah membawa angin dari luar masuk ke PC), bisa-bisa PC milikmu dipenuhi debu. Ujungnya PC milikmu bakal rusak.

3. Selalu Update Kartu Grafis

Setiap beberapa bulan sekali, kamu pasti akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan update pada kartu grafis. Kadang hal ini sering terlupakan, padahal secara teratur melakukan update kartu grafis bisa membantu PC milikmu untuk terus bekerja secara optimal.

Dalam setiap update kartu grafis, pasti akan ada perbaikan bug, optimalisasi, serta penambahan fitur-fitur baru. Untuk PC gaming yang sangat bergantung dengan kartu grafis, update seperti itu sangat sayang jika dilewatkan.

Kamu pasti tidak mau saat sedang asyik bermain game, tiba-tiba PC jadi lag hanya karena kartu grafis tidak up-to-date.

4. Hapus Game Dan Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

PC Gaming memang memiliki kapasitas memori dan RAM yang tinggi sehingga bisa menyimpan data dalam jumlah besar. Namun, alangkah baiknya jika kamu membantu kinerja PC dengan cara menghapus game dan aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

Selain membuat PC bisa terus optimal, kegiatan ini juga bisa membuat PC milikmu bersih. Memiliki PC bersih sama rasanya dengan berada di kamar yang bersih dan teratur.

5. Jangan Gunakan Aplikasi Lain Saat Bermain Game

Hal yang satu ini kadang suka disepelekan oleh banyak orang. Misalnya saat sedang menunggu rendering video, kamu malah bermain game untuk membunuh waktu. Contoh seperti ini tidak seharusnya dilakukan karena bisa menganggu kinerja PC.

Kegiatan lain seperti rendering video membutuhkan kinerja RAM dan CPU yang tinggi. Jika kamu bermain game sambil rendering video secara bersamaan, bisa-bisa PC jadi lag atau bahkan ngadat. Jadi coba untuk fokus pada satu kegiatan dulu. Misalnya jika sedang rendering video biarkan PC sampai selesai melakukannya lebih dulu.

Dijamin cara-cara di atas jika kamu ikuti bisa membuat PC gaming milikmu awet dan bisa terus optimal.