Coba ngaku deh, di smartphone kalian pasti ada minimal satu game yang sering kamu mainkan ketika kamu sedang bosan. Bahkan ada juga dari kalian yang memainkan banyak game di smartphone karena sudah banyak game seru yang bisa kalian download dan mainkan secara gratis. Tapi, apa kalian pernah merasakan saat bermain game tiba-tiba game yang kalian mainkan terasa berat dan patah-patah?

Nah, gejala yang tadi disebutkan biasa disebut dengan “LAG”. Lag bisa ganggu banget ketika kalian sedang asyik-asyiknya bermain games dan bahkan bisa jadi penyebab kekalahan kalian. Kalo begini, bisa-bisa bukannya bikin senang, kalian akan merasa kesal dan emosi. Tak jarang juga sampai ada yang membanting smartphone mereka karena kesal.

Maka dari itu, buat kalian yang gak ingin lag datang menyerang wajib banget mengikuti tips-tips agar smartphone kalian bebas lag. Sudah penasaran? Tapi tunggu dulu. Sebelum itu, kalian juga harus tau penyebab smartphone kalian bisa terkena lag. Ini dia ulasannya.

Penyebab Lag di smartphone

  1. Spesifikasi Smartphone Tidak Kemadai

Saat ini udah banyak banget game-game yang menawarkan grafis HD. Tentunya, untuk memainkan game ini kalian wajib punya smartphone dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Kalau smartphone kalian tidak memadai dan kalian tetap paksa untuk memainkannya, akibat yang akan terjadi ialah timbul gejala Lag dan bisa-bisa game kalian tertutup sendiri alias Force Close.

2. Banyak Aplikasi dan Game di Smartphone

Penyebab lain timbulnya lag di smartphone kalian bisa jadi karena banyak aplikasi dan game yang terinstal. Hal ini bisa membuat kinerja RAM menjadi lebih berat dan berakibat lemot dan lag saat kalian bermain games.

3. Smartphone Kepanasan

Yang satu ini sering banget terjadi ketika kalian memainkan smartphone terlalu lama tanpa jeda yang cukup. Smartphone yang bekerja terus menerus juga bisa capek dan menyebabkan kinerja smartphone kalian menurun. Maka dari itu, disarankan agar kalian memainkan game dengan batas waktu yang wajar.

Gimana? Udah tau kan penyebab-penyebab Lag saat bermain game. Kalau kalian sudah tahu penyebabnya sekarang kalian akan lebih mudah untuk mengatasi masalah lag ini. Dibawah ini ada 5 tips jitu agar bermain game di smartphone bebas lag, langsung simak saja ya.

Tips Mengatasi Lag Saat Main Game

  1. Turunkan Grafis Game

Coba perhatikan jenis game yang kalian mainkan. Apakah di setting/pengaturan game, grafis sudah terpasang High? Karena bisa jadi game yang kalian mainkan membutuhkan spesifikasi smartphone yang tinggi dan ternyata spesifikasi smartphone kalian belum mampu untuk memenuhi kebutuhan game tersebut. Kalau begitu, coba kalian turunkan kualitas grafis menjadi Low Quality.

2. Hapus Aplikasi atau Game yang Tidak Dipakai

Kalau kalian sudah menurunkan grafis game namun ternyata masih saja lag, maka kalian juga harus cek aplikasi dan game yang sudah terpasang di smartphone kalian. Coba hapus aplikasi dan game yang menurut kalian tidak penting dan sudah gak digunakan lagi. Karena kalau aplikasi yang ada di smartphone sedikit, maka semakin lancar kinerja smartphone kalian. Jadi coba instal aplikasi dan game yang memang digunakan saja dan segera hapus aplikasi dan game yang sudah tak terpakai.

3. Pasang Aplikasi Game Booster

Sekarang sudah banyak aplikasi sejenis Game Booster yang bisa membantu meningkatkan kinerja smartphone  kalian. Kalian bisa mencoba aplikasi bernama Game Booster dan Greenify, yang bisa kalian download dengan gratis melalui PlayStore. Aplikasi ini bisa meringankan kinerja smartphone kalian dengan mematikan sementara aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di belakang layar.

Dengan begitu, game kalian pasti lancar dan bebas lag karena kinerja RAM terfokus ke game kalian saja. Untuk menggunakan aplikasi ini, kalian perlu untuk melakukan root ke smartphone terlebih dahulu karena aplikasi ini gak akan berfungsi pada smartphone yang belum di-root.

Itu tadi guys, 3 tips jitu agar smartphone kalian bebas lag saat bermain game. Perlu diperhatikan juga bahwa smartphone yang baik untuk bermain game minimal adalah memiliki RAM sekitar 1GB sampai 4GB. Kalau ternyata smartphone kalian memiliki RAM 512 MB saja, maka tips dan trik diatas kurang manjur. Semoga dapat bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.