Setelah melalui tiga kali babak kualifikasi daring yang dilaksanakan dari tanggal 1 – 17 Desember 2017, Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia akhirnya mendapatkan 10 peserta dari 8.000 tim yang mendaftarkan diri dari seluruh Indonesia. Kesepuluh tim peserta MPL Indonesia ini adalah:

  • Rex Regum Qeon Oxygen (dari Indonesia Online Qualifier #1)
  • Louvre (dari Indonesia Online Qualifier #1)
  • Rev Indo (dari Indonesia Online Qualifier #1)
  • EVOS eSports (dari Indonesia Online Qualifier #2)
  • TEAMnxl> (dari Indonesia Online Qualifier #2)
  • Bigetron Player Kill (dari Indonesia Online Qualifier #2)
  • Pandora eSport (dari Indonesia Online Qualifier #3)
  • Domino’s Hunters (dari Indonesia Online Qualifier #3)
  • Saints Indo 2 (dari Indonesia Online Qualifier #3)
  • Elite8 Critical Reborn (dari Indonesia Online Qualifier #3)

Liga Mobile Legends resmi yang dipersembahkan oleh Moonton, dengan sponsor TRI (3) sebagai LEGEND Sponsor, Codashop dan Hello Yo sebagai EPIC Sponsor, serta RevivalTV sebagai organizer-nya ini akan memulai Regular Season dari 12 Januari sampai 11 Maret 2018 (Tujuh minggu).

Regular Season akan menggunakan format Round Robin (Setiap peserta akan bertemu dengan peserta lainnya) dengan setiap match terdiri dari dua game. Berarti, setiap tim akan bertanding sebanyak sembilan pertandingan (18 game).

Aturan main di Regular Season ini, setiap pemenang akan mendapatkan 1 poin dan yang kalah tidak akan mendapatkan poin. Poin tertinggi yang dapat diraih sebuah tim mencapai 18 poin dan poin terendahnya adalah sebanyak 0 poin.

Dari hasil Regular Season tersebut, delapan tim teratas (Yang berarti menggugurkan dua tim terbawah) akan diadu lagi dalam babak Playoff yang akan diadakan tanggal 24 Maret – 1 April 2018.

Dalam Regular Season ini, kesepuluh tim yang akan bertanding juga akan mendapatkan gaji sebesar US$300 / minggu. Semua tim yang mendapatkan tiap poin kemenangan juga berhak mendapatkan US$250.

Ahmad Syahndy atau yang lebih dikenal dengan Senz Houston, CEO dari RevivalTV sebagai organizer MPL Indonesia mengatakan, “(MPL) ini akan menjadi awal dari liga profesional mobile game yang impact-nya sangat bagus terhadap masa depan esport, khususnya mobile game; ataupun ekosistem esport dan game pada umumnya.”

Untuk informasi lebih detail, jadwal, ataupun hasil klasemen babak penyisihan daring yang telah berlalu, Anda bisa mengunjungi website resmi MPL Indonesia di id.mpl.mobilelegends.com.

Pihak Moonton juga mengabarkan bahwa mereka telah menyiapkan dua turnamen lagi setelah MPL Indonesia Season pertama ini selesai diselenggarakan.

  1. Melanjutkan kesuksesan Mobile Legends South East Asia Cup (MSC) 2017, Moonton juga akan kembali menggelar MSC 2018.
  2. MPL sendiri juga tidak akan berhenti hanya di Season 1 namun juga akan dilanjutkan ke Season 2 yang rencananya akan digelar di tahun 2018.

Informasi lebih lanjut mengenai dua turnamen berskala masif lanjutan MPL Indonesia Season 1 di atas akan diberikan di waktu yang akan datang. Berikut adalah jadwal lengkap pertandingan MPL Indonesia Season 1: